Jumat, 8 Februari 2013

Hawk'n'Poke wadah modifikasi Indonesia yang mendunia

Tidak kurang 14.000 acungan jempol menunjukkan tanda setuju dengan pandangan Hawk'n'Poke terhadap modifikasi di Indonesia. Yang jadi soal bukannya modifikasi tidak ada yang minat, apalagi kekurangan pemberitaan.

Akan tetapi, menurut mereka, di Indonesia masih banyak modifikasi amburadul yang hanya terpatok pada konsep 'yang penting mahal' atau bahkan seajaib mungkin, tetapi malah dipuji-puji media.

Belasan ribu 'like' lebih yang memenuhi halaman media sosial mereka itu pun secara tidak langsung membuat komunitas ini semakin berkembang. Fredyka Salim bersama timnya yang antara lain terdiri dari penulis dan fotografer pun kian menambah foto demi foto dari mobil-mobil hasil garapan yang lebih catchy dan enak dipandang.

Hawk'n'Poke Indonesia

"Awalnya saya ini kepingin sekali Indonesia itu punya blog atau website otomotif yang lebih bermutu. Di luar negeri sana sudah banyak web atau blog dengan desain menarik, fotografi yang bagus, yang meliput kendaraan-kendaraan modifikasi yang tentunya tidak 'nyeleneh',”ungkap Fredy mengawali cerita.

Sedangkan di Indonesia, masih banyak modifikasi 'amburadul' yang hanya terpatok pada konsep 'yang penting mahal!' atau 'yang penting extreme!' Jujur cerita, kalau hasil karya Indonesia yang seperti itu ditunjukkan ke luar negeri, pasti jadi bahan tertawaan. Sedangkan di sini sudah dipuji-puji oleh sebagian besar media," tambahnya.

Ia pun berharap agar Hawk'n'Poke menjadi gallery online hasil karya modifikasi Indonesia yang dapat dibanggakan sampai ke luar negeri. "Itulah kenapa kemudian saya membentuk tim dengan beberapa fotografer yang setuju dengan konsep saya ini. From Indonesia, to the world.

Hawk'n'Poke Indonesia

Hal ini juga menjadi alasan kenapa saat ini semua artikel baru di Hawk'n'Poke ditulis dalam bahasa Inggris," tambahnya, menegaskan agar bahasa Inggris memudahkan mereka yang di luar negeri untuk ikut mengapresiasi modifikasi di Indonesia, yang tentunya bagus-bagus.

Tak ayal, Fredy dan tim pun memilah dan memilih mobil-mobil yang akan ditampilkan. Tak hanya merekam sudut demi sudut dari sebuah mobil milik anggota-anggotanya, mereka pun berburu mobil-mobil cantik untuk ditampilkan ke pembaca di luar negeri.

Penulis utama di Hawk'n'Poke ini pun bercerita bahwa pengunjung blog timnya tidak sedikit datang dari pembaca asal Amerika Serikat, Eropa, dan Australia. Bahkan mereka terhitung sebagai pembaca reguler atau cukup sering mengunjungi.

Hawk'n'Poke Indonesia

"Mobil-mobil yang featured di Hawk'n'Poke sebenarnya bukan disebut member. Member Hawk'n'Poke ya mungkin tim inti saja, yang terdiri dari penulis dan fotografer. Sedangkan featured cars adalah mobil-mobil yang memang kami pilih karena modifikasinya keren, untuk kami showcase sampai ke luar negeri,” ujarnya.

“Bahkan, pembaca dari US, Europe, dan Australia termasuk dalam regular visitor di website kami. Tidak sedikit juga pabrikan velg atau bodykit yang menampilkan mobil-mobil hasil jepretan kami di website mereka. Sungguh kita bangga sebagai orang Indonesia bisa dipandang dari segi modifikasi sampai ke luar negeri," tambahnya.

Hawk'n'Poke Indonesia

Sering berburu tunggangan yang notabene keren pun membuat mereka punya referensi sendiri terhadap bengkel-bengkel aksesori untuk sekadar memilih velg atau bahkan mengubah tampilan muka.

"Sebenarnya bengkel khusus buat kami tidak ada. Tetapi saat ini partner kami termasuk Permaisuri dan Wien's Sticker. Permaisuri so pasti sudah selalu dikenal sebagai pioneer dari branded wheels di Indonesia, sedangkan Wien's Sticker sebagai pioneer wrapping body mobil," tutupnya.

Hawk'n'Poke Indonesia

(kpl/tim jkt/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters