Sabtu, 15 Februari 2014

Impikan masa depan, Ford ciptakan C-Max Solar Energi!

Mobil-mobil baru yang hemat energi dan ramah lingkungan sepertinya akan selalu jadi tren abadi yang tak akan pernah ada habisnya untuk digarap para automaker. Salah satu ajang terbesar dunia yang mewadahi teknologi-teknologi baru ini adalah Consumer Electronic Show (CES) yang tiap tahunnya diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat.

Seperti biasa, Ford juga berpartisipasi dalam CES 2014 yang berlangsung pada tanggal 07-10 Januari lalu. Dalam konvensi teknologi tersebut, produsen mobil asal Amerika tersebut memperkenalkan mobil konsep terbaru dan tercanggih mereka yang dilabeli dengan nama Ford C-MAX Solar Energi Concept.

Ford C-MAX Solar Energi Concept

Ford C-MAX Solar Energi Concept #2

Seperti namanya, Ford C-MAX Solar Energi ini dirancang khusus menggunakan panel surya sebagai salah satu sumber tenaganya. Tak sekadar panel surya biasa, Solar Concept punya 'concentrator lens' yang fungsinya memaksimalkan jumlah konsentrasi sinar matahari yang mampu diserap oleh panel surya kemudian disimpan dalam bentuk energi listrik.

Dengan terobosan ini, dengan sekali full-charge si pengemudi mampu berkendara dengan tenaga yang tersimpan di baterai C-MAX Solar Energi Concept hingga jarak 33km.

Ford C-MAX Solar Energi Concept #3

Panel Surya

Bayangkan saja, jika kelak di masa depan semua mobil berjalan menggunakan tenaga surya yang notabene emisi gas CO2-nya jauh lebih sedikit dibandingkan bahan bakar fosil. Yang jelas polusi dan pencemaran lingkungan takkan separah saat ini.

(kpl/sno)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters