Jumat, 27 Januari 2012

Ini dia motor bebek pertama di dunia

Memulai perjalanan yang panjang serta banyaknya tantangan sudah dirasakannya,pertama soal desain  dan teknologi terbarunya di saat itu. Misalnya mesin OHV-4 tak berkapasitas mesin 50cc-nya. Meski cuma bertenaga 4,5 DK  , mesin menjadi terobosan di tengah lebih banyaknya sepeda motor yang menggunakan mesin 2 - tak saat itu. Tidak hanya itu,honda juga mengembangkan kopling sentrifugal agar pengendara tetap bisa mengendalikan  motor ini dengan satu tangan. Seperti dilansir Realclassic , selasa 16 Agustus 2011 , alasan dibuatnya teknologi ini,adalah mengakomodir kebutuhan para pengantar makanan restoran di Jepang yang  menggunakan satu tangan untuk  mengendalikan sepedanya. Masuk bulan Februari 1957 penegmbangan desain bodi dilakukan . Soichiro Honda , Pendiri Honda cukup konsen masalah desainnya. Bahkan Soichiro berpesan supaya desainnya dibuat kompak dan nyaman sehingga cocok dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu tantangan kenyamanan adalah ketika Honda memilih lingkar roda 17 inchi. Diameter roda ini dipilih karena saat itu masih banyak jalanan di Jepang yang belum diaspal. Masalahnya adalah tidak ada produsen ban besar di Jepang yang membuat ukuran khusus hanya untuk satu jenis sepeda motor.Untungnya honda menemukan satu suplier yang mau membuat ukuran untuk Honda. Akhirnya pada tahun 1958,Bebek Honda pertama resmi dijual masal dengan nama Super Cub C100 , dengan harga 55 ribu yen.Setahun kemudian motor ini masuk ke pasar Amerika dan kemudian menyusul ke Eropa pada tahun 1961. Genre ini pun berlanjut hingga saat ini . Bahkan di Indonesia , bebek masih cukup digemari . Sejak bulan Januari hingga Juli 2010  saja sudah terjual  2.050.656 unit. Sumber : http://www.lintas.me/go/artikel-populer.blogspot.com/Ini-Dia-Motor-Bebek-Pertama-di-Dunia/

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters