Kamis, 14 Februari 2013

Jokowi jajal Transjakarta Koridor XII

Otosia.com - Setelah meresmikan Transjakarta Koridor XII, Pluit-Tanjung Priok, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) langsung menumpanginya. Jokowi mencoba trayek baru itu sampai ke Tanjung Priok.

Pantauan merdeka.com, Kamis (14/2), Jokowi dengan didampingi Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono duduk di bagian depan. Namun sepanjang jalan rupanya Jokowi tak betah cuma duduk, dia berdiri dan berjalan ke belakang.

Sepanjang jalan, mantan wali kota Solo itu juga memperhatikan sejumlah ruas jalan. Pengamatan merdeka.com, ada sejumlah genangan air dan air di Kali Sunter sudah mulai meluap. Jokowi pun terlihat menunjuk-nunjuk ke arah jalan.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Transjakarta Koridor XII, Pluit-Tanjung Priok di Halte Fatahillah dan kendaraan air (waterway) Marunda-Muara Baru.

Koridor XII memiliki 13 halte, yakni Pluit Selatan, Pakin, Fatahillah, Jayakarta, SMPN 140, Simpang Boulevard Kelapa Gading, Mall Sunter, Danau Agung, Landas Pacu Timur, Mangga Dua ITC, Kalibesar Selatan, Gedong Panjang, dan Pekojan. Selain itu, juga menghubungkan dengan koridor IX (Pinang Ranti-Pluit), I (Blok M-Kota), V (Kampung Melayu-Ancol), dan X (Tanjung Priok-Cililitan).

Sementara itu, waterway ditujukan untuk memudahkan warga Muara Baru yang mengalami kesulitan akses transportasi menuju Rusun Marunda. Selain itu, waterway ini, dapat menjadi transportasi alternatif warga ibu kota yang selalu bergantung pada moda transportasi darat.

Ada dua unit Kapal jenis kapal kerapu milik Dinas Perhubungan DKI yang akan beroperasi pada tahap awal. Kapal tersebut berkapasitas 25-30 orang per kapal yang akan berjalan dari Marunda ke Muara Baru sejauh 17 km dengan hanya 30 menit. Dermaga apung juga telah disediakan di Marunda, yang terbuat dari fiberglass dan berbentuk seperti puzzle, sehingga bisa dibongkar pasang dan ketinggiannya mengikuti permukaan air.
Laporan: Hany Hanifa (mdk/did/did)

Newsletters