Senin, 10 Desember 2012

Kaya teknologi, Subaru anyar siap hadir di Indonesia

Subaru baru saja meluncurkan All-New Forester di Taipei. Motor Image Indonesia selaku agen tunggal pemegang merek Subaru di Indonesia pun berharap model yang akan luncur di Indonesia 2013 ini.

Sehingga bisa menjadi tulang punggung seperti juga model XV di Tanah Air. Namun Subaru rupanya tidak pesimis dengan unggulnya produk lain Jepang seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki, hingga Nissan.

Walau tidak mengandalkan harga seperti saudara-saudaranya itu, All-New Subaru Forester kelak siap terobos pasar Indonesia dengan tawaran teknologi. Motor Image Indonesia pun mengaku akan sekuat mungkin mengedukasi calon konsumen, mulai dari adevertorial di media massa hingga lainnya.

"Kami akan melakukan berbagai hal. Advertising di media cetak hingga TV, untuk menjabarkan teknologi. Total anggaran untuk ini bisa sampai 20 juta dolar AS (sekitar Rp 190 miliar)," ungkap Glenn Tan, Presiden Motor Image Group.

Berapa harga All-New Forester di Indonesia? Belum ada bocoran info mengenai hal ini. Namun All-New Forester sebagai produk yang akan bersaing dengan segmen SUV punya segudang teknologi dan keunggulan yang coba menyesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia.

Mesinnya andalkan 2.000 cc sedang Subaru untuk pasar Amerika dan Eropa gunakan 2.500 cc dan dikawinkan dengan sistem all-wheel drive. Yang menarik, ia akan memanfaatkan mesin DIT (Direct Injection Turbo).

Forester sebelumnya sudah menggunakan turbo. Namun yang ini dilengkapi penyuntik terarah dengan turbo untuk bahan bakar. Sehingga pasokan bensin lebih presisi dan sesuai kebutuhan. Hasilnya? Daya mesin mencapai 240 hp dengan torsi puncak 350 Nm.

Sehingga akselerasi dari 0-100 km/h pun bisa diraih hanya dalam waktu 6,4 detik. Sebagai perbandingan, Forester model sebelumnya hanya dapat mencapai 7,2 detik.

Tak hanya itu, Subaru sendiri mengklaim rata-rata penggunaan bahan bakar juga bisa mencapai 8,5 lt/100 km atau 1 liter untuk 11,7 km. Lumayan hemat untuk mobil baru untuk segala medan bermesin 2.000 cc.

Selain itu, All-New Forester atau Forester XT ini juga memiliki tiga mode berkendara. Ada I (Intelligent), S (Sport) dan juga Sport Sharp. Mode I cocok untuk perkotaan dan komputer akan mengatur tenaga secukupnya sehingga bahan bakar lebih efisien. Sementara itu S akan membuat mobil lebih cocok untuk mereka yang ingin gaya sporty; dan jika kurang, masih ada mode Sport Sharp.

All New Subaru Forester 2013 - X Mode

Masih ada pula tombol X-Mode. Yang satu ini menyuguhkan kenyamanan sehingga pengendara percaya diri saat melibas medan yang sulit. Fitur itu akan meredam tenaga besar saat mobil terjebak di medan licin dan selip.

X-Mode pun selanjutnya akan membuat roda bergerak teratur sesuai kebutuhan di jalan tersebut. Sistemnya bekerja di bawah kecepatan sekitar 20 km/h dan akan non-aktif dengan sendirinya jika mobil digeber melewati kecepatan 40 km/h.

Hal ini sungguh terasa ketika melewati jalan menanjak, yang bahkan sejumlah media mengklaim hasilnya lebih baik dari fitur yang sama di Hyundai Tucson dan Toyota Rav4.

(kpl/why/vin)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters