Sabtu, 2 Maret 2013

Kendaraan komersial Toyota tidak bertaji

Pada mobil penumpang boleh Toyota menguasai pasar, namun untuk kendaraan komersial nampaknya Toyota harus bekerja keras menjadi penguasa pasar. Pada awal tahun 2013, market kendaraan niaga Toyota masih tertinggal di banding kompetitornya.

Meski belum berhasil menempati posisi sebagai market leader di segmen kendaraan komersial, pangsa pasar produk Toyota di segmen ini menunjukkan pertumbuhan lumayan. Di segmen pickup, pangsa pasar Januari 2013 tumbuh menjadi 5,8 persen dibandingkan dengan Januari 2012 sebesar 3,5 persen.

Sementara itu, segmen commercial van dengan Toyota HiAce yang baru diluncurkan sejak September 2012, mampu meraih pangsa pasar sebesar 18,2 persen pada Januari 2013. Sedangkan segmen kendaraan komersial 2 ton menguasai pangsa pasar 23,3 persen pada bulan lalu.

Secara keseluruhan Toyota melewati bulan pertama 2013 dengan membukukan total penjualan 35.923 unit atau menguasai pangsa pasar 37,1 persen.

Pencapaian tersebut, melebihi target yang ditetapkan PT Toyota Astra Motor (TAM) sebesar 36 persen. Hasil positif pada Januari 2013, berkat penjualan sejumlah produk Toyota yang mampu berbicara banyak di segmennya.

Keberhasilan yang dicatatkan Kijang Innova pada bulan lalu, memberikan kontribusi besar terhadap penjualan segmen MPV Toyota secara keseluruhan. Di segmen ini, Toyota meraih total penjualan 25.141 unit atau dengan market share 53,5 persen.

Pada penjualan passanger car lainnya, segmen sedan membukukan total penjualan 983 unit atau dengan pangsa pasar 50 persen. Segmen SUV membukukan total penjualan 4.820 unit dengan market share 44,6 persen, serta segmen 4x4 membukukan total penjualan 108 unit dengan pangsa pasar 51,7 persen.

(kpl/nzr/vin)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters