Minggu, 17 Maret 2013

Lamborghini Spyder Performante, si sayap besar nan eksklusif

Otosia.com -

Kap mesin lebar di belakang itu terdongak dalam hitungan detik, tetapi berangsur perlahan dan anggun. Lalu sebuah atap berbahan kain yang terlipat membentuk konfigurasi baru.

Sebagai sebuah topi kokoh menyelubungi dua tempat duduk dan sepaket panel kemudi yang tertata dalam kokpit Lamborghini Spyder Performante.

Kita sedang bicara salah satu model dari Lamborghini Gallardo, dan ini adalah yang teratas di jajarannya.

Lamborghini Gallardo

Dana USD 600.000 atau nyaris Rp 6 miliar adalah banderol yang tidak menempel langsung pada bodinya. Tapi harganya memang cukup menjawab atau bahkan melampaui harapan atas apa yang diinginkan seorang big bad boy.

Lamborghini Gallardo

Atraksi tarian ganti atap tadi turut memancing mata dengan didukung adanya sayap besar yang tertanam di belakang. Sayap itu memang tak bisa lagi diatur, walau cukup bikin grogi.

Lamborghini Gallardo

Kodenya sendiri adalah LP 570-4 Spyder Performante, sementara ia juga dipasarkan di Indonesia bersama saudaranya, 570-4 Superleggera yang tak punya aksi lipat-pasang atap tadi.

Soal kode LP 570-4, Lamborghini mengutipnya berdasarkan catatan waktu para engineer bahwa semburan tenaganya mencapai 570+ hp yang keluar dari sekelompok silinder yang berbaris dalam konfigurasi V-10 di dalam mesin berkapasitas total 5,2 liter.

Geber sampai pol maka 324 km/jam diklaim akan tercapai, dengan besutan dari kondisi diam ke 100 km/jam dalam waktu 3,9 detik.

Lamborghini Gallardo

Mobil dua pintu sepanjang 4.386 mm dengan lebar 1.900 mm (belum termasuk spion) pun memang sepatutnya berada di medan yang tepat mengingat sudah siap untuk menjalani kewajibannya sebagai sportscar. Bobotnya sendiri sudah ditata dengan lebih berat 57 persen di belakang supaya ban lebih menjejak ke jalan, walau tetap stabil.

Stabil? Soalnya para pengembang di Sant"Agata Bologrese, tempat asalnya, memastikan bahwa model baru dari Gallardo ini memiliki sistem gerak keempat roda (4WD) secara permanen.

Lamborghini Gallardo

LP 570-4 Edizione Tecnica sendiri memang dihadirkan sebagai produk dengan desain berbobot ringan dan fokus pada performa dan penampilan paling murni. Struktur bodinya aluminium space frame, dengan suguhan sayap belakangnya itu sendiri dipadukan dengan teknologi rem karbon-keramik.

Kakinya mengandalkan aluminium double-wishbone depan dan belakang yang anti-roll bar, anti-dive, dan anti-squat.

Lamborghini Gallardo

Edizione Tecnica memiliki pilihan tampilan spesial dengan kombinasi warna-warna kontras antara atap dan rongga udara masuk di area bemper dengan bodi.

Lamborghini Gallardo

Paduan warna yang tersedia adalah warna bodi Nero Nemesis (hitam matte) dengan Ararcio Argos (oranye) di bagian pilar dan rongga udara masuk bagian depan; warna bodi Bianco Canopus (putih matte) dengan Ararcio Argos (oranye) di bagian pilar dan rongga udara masuk bagian depan; serta bodi Ararcio Argos (oranye) dengan bagian pilar dan rongga udara masuk bagian depan warna Nero Nemesis (hitam matte)

Lamborghini Gallardo

Masih kurang unik? mereka kini punya program Ad Personam. Mereka yang berstatus konsumen bisa memesan sejumlah eksterior dan interior misalnya untuk menonjolkan identitas khusus. Selain warna bodi, atau bahan pada jok, penggunaan bahan karbon juga dimungkinkan.

Lamborghini Gallardo

(kpl/why/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters