Jumat, 12 April 2013

Lika-liku Perjalanan Sukses SUV di Dunia

Sport Utility Vehicle (SUV) pada awalnya berasal dari model Jeep Willys Wagon dan Land Rover sebagai kendaraan militer. Kemudian dalam pengembangan jenis ini Land Rover mulai mempersiapkan SUV sebagai kendaraan komersial di tahun 1958.

Jejak ini kemudian diikuti oleh berbagai brand lainnya, di antaranya ada Jeep Wagoneer (1963), Ford Bronco (1966), Toyota Land Cruiser FJ-55 (1968), Chevrolet Blazer / GMC Jimmy (1969) hingga resmi hadir Land Rover Range Rover generasi pertama (1970).

Popularitas SUV mulai naik pada tahun 1990 dengan ciri khas penggerak roda All-wheel Drive. Kemudian pengembangan berjalan hingga muncul jenis small SUV berpenggerak 2 roda hingga ke jenis crossover SUV yang mulai ramai diluncurkan.

Berbagai profesi kini mulai melirik jenis kendaraan SUV baik dipergunakan dalam aktivitas harian hingga pencinta dunia off-road. Tampilan SUV yang kian lama makin sporty, mewah bahkan sanggup menyuguhkan untuk 7 penumpang menjadikan kendaraan yang dilirik sebagai kendaraan keluarga masa kini.

Populasi pengguna SUV di dunia juga terus meningkat, dan salah satunya saja Honda CR-V sanggup menjadi yang terlaris di tahun 2012. Di mana dengan angka penjualan yang mencapai 635.256 unit secara global. Dan Indonesia saja dari Januari-Maret 2013 penjualan New Honda CR-V sanggup capai 7.786 unit.

Hal ini sebagai pembuktian bahwa mobil jenis SUV semakin digandrungi banyak orang. Dan jumlah di atas masih hanya satu brand saja dan belum termasuk dari semua brand otomotif lain seperti dari Toyota, BMW, Audi, Ford, Chevy dan masih banyak lainnya lagi.

(kpl/vin)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters