Menguji ketangguhan Etios Valco, sang city xxplorer

Menguji ketangguhan Etios Valco, sang city xxplorer

Pada saat peluncuran Toyota Etos Valco di kota Malang, Selasa (16/04), pihak Toyota juga memberi kesempatan test drive kepada para media. Dan kesempatan emas ini tentunya langsung otosia ambil agar dapat merasakan performa low city car terbaru Toyota ini.

Bahkan tak tanggung-tanggung yang menjadi model test drive adalah varian tertinggi, Toyota Etios Valco G. Saat masuk dalam ruang kabinnya sudah terasa sedikit berbeda dengan beberapa rivalnya. Sebab ruangnya yang sedikit lebih lega menjadi nilai lebih Etios Valco ini.

Interior Toyota Etios Valco G

Bahkan di baris kedua untuk penumpang belakang juga masih memiliki ruang yang cukup lega untuk kaki. Sehingga untuk perjalanan ke luar kota bersama dengan keluarga akan menjadi lebih nyaman.

Uji selanjutnya tentu menjajal performa mesin tipe 3 NR - FE, 4 silinder DOHC berkapasitas 1.197 cc. Akselerasi yang dihasilkan torsi 104 Nm dari putaran bawah hingga 3.100 rpm langsung terasa saat disalurkan pada penggerak roda belakang. Pada saat mencoba hingga putaran mesin 5.600 rpm tenaga 80 hp juga terasa spontan.

Jantung pacu Toyota Etios Valco G

Namun area test drive yang berada di kawasan Hotel Harris yang terletak dekat dengan perumahan River Side kota Malang tidak memungkinkan untuk memecut performa mesin lebih lagi. Tapi dari akselerasi awal hingga gigi ketiga masih dapat dirasakan.

Akselerasi mobil dapat diimbangi dengan kenyamanan ruang kabinnya. Suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang Torsion Beam sanggup memberikan dukungan maksimal dalam kenyamanan penumpang.

Bahkan handling Toyota Etios Valco ini sangat halus dan sanggup memberikan respon yang cepat dalam bermanuver. Maka tidak salah jika Etios Valco ini dikatakan sebagai City Explorer. Di mana sebuah city car yang handal untuk kebutuhan berpetualang.

Toyota Etios Valco G

Dalam kesempatan test drive ini juga otosia sempat merasakan sedikit kemampuan fitur rem ABS yang hanya tersedia di tipe G. Berhubung kawasan parkir hotel yang juga masih dalam proses pembuatan, pasir pun berceceran. Dan saat kondisi jalan berpasir tersebut mendadak kita lakukan pengereman dan mobil masih dengan mudah dikendalikan. Hal ini membuktikan fitur ABS bisa bekerja dengan baik.

Maka dari itu Toyota Etios Valco sangat cocok bagi mereka yang mengidamkan sebuah city car tangguh dengan harga lebih terjangkau. Performa mesin handal, handling mantap, kenyamanan juga cukup memuaskan dan juga sistem keselamatan dual SRS airbag tersedia mulai dari tipe terbawah.

(kpl/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024