Senin, 3 Februari 2014

Mesin Ford EcoBoost 1.0 liter menuai pujian

Sejak diluncurkan di Eropa beberapa waktu lalu, mesin EcoBoost 1.0 liter telah mendapatkan banyak penghargaan global yang bergengsi. Mesin ini dipilih sebagai International Engine of The Year 2012 oleh dewan juri yang terdiri dari 76 jurnalis dari 36 negara, menang dengan margin suara terbesar dalam sejarah penghargaan ini.

Mesin ini kemudian mendapatkan Breakthrough Award dari majalah Popular Mechanics di AS, Dewar Trophy yang terkemuka dari Royal Automobile Club di Inggris Raya, dan International Paul Pietsch Award 2013 bergengsi untuk inovasi teknologi di Jerman.

EcoBoost 1.0 liter juga telah membuktikan bahwa kecil tidak berarti lambat. Bulan Juni tahun lalu, mesin ini memecahkan 16 rekor kecepatan darat di sebuah arena pacuan di Prancis. Ford Focus bermesin EcoBoost 1.0 liter yang tidak dimodifikasi mencapai akselerasi 0-100 km/jam dalam 11,3 detik dan kecepatan tertinggi 193 km/jam.

Pada bulan September, sebuah mobil balap Formula Ford yang unik menggunakan EcoBoost 1.0 liter yang kecil tapi kuat menorehkan prestasi yang mengalahkan supercar di sirkuit legendaris, Nurburgring Jerman. Mobil balap ini mencatat lap ke-11 tercepat dengan 7 menit, 22 detik - lebih tinggi dalam daftar daripada supercar bermesin lebih dari 600hp, seperti Aventador Lamborghini, Ferrari Enzo dan Pagani Zonda.

"EcoBoost 1.0 liter membuktikan bahwa ukuran tidak penting," kata Pearson. "Mesin ini tidak memaksa pelanggan untuk memilih antara performa dibandingkan penghematan bahan bakar atau daya respons dibandingkan kemulusan mesin. Ini adalah mesin tanpa kompromi yang memberikan semuanya," kata kata Graham Pearson, Vehicle Line Director for B Cars, Ford Asia Pasifik.

Mesin terkecil di kelasnya, Ford EcoBoost tiga silinder yang telah dipatenkan ini memiliki tenaga, torsi dan penyempurnaan yang besar. Diproyeksikan menghasilkan tenaga 120hp dan torsi puncak 170Nm, mesin yang senyap dan lembut ini akan menghasilkan tenaga dan performa yang menandingi mesin bensin 1.6 liter tradisional. Dengan 25 persen lebih sedikit bagian yang bergerak, EcoBoost 1.0 liter mampu menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih tinggi dan emisi yang lebih rendah.

Cukup kecil untuk muat di atas selembar kertas A4 atau dimasukkan ke dalam bagasi kabin pesawat, EcoBoost 1.0 liter adalah anggota terkecil dalam keluarga besar mesin Ford EcoBoost global yang meliputi varian empat silinder 1.6 dan 2.0 liter, serta dua varian V6 3.5 liter.

Teknologi Ford EcoBoost, yang memiliki lebih dari 125 paten, menggabungkan direct fuel injection, turbocharging dan variable valve timing yang memampukan perampingan mesin untuk menghasilkan penghematan bahan bakar hingga 20 persen dibandingkan mesin yang lebih besar tanpa kehilangan kinerja.

Saat ini tersedia pada kendaraan Ford di Eropa, EcoBoost 1.0 liter juga akan diperkenalkan di Amerika Utara, China, India dan negara-negara lain. "Pelanggan pasti akan menyukai anggota junior keluarga mesin EcoBoost yang memiliki tenaga lebih besar dibandingkan beratnya," kata Graham

"Kebanyakan pelanggan bahkan tidak akan menyadari berkurangnya satu silinder ketika mereka menyalakan dan mengendarai mobil ini. Hal yang akan mereka sadari adalah betapa senyap mesinnya, betapa cepat mobil ini berakselerasi, dan betapa sedikit bahan bakar yang dibutuhkannya," pungkasnya.

(kpl/nzr/sno)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters