Kamis, 20 Desember 2012

Mobil pun bakal dilengkapi 'kotak hitam'

Pada awal bulan ini Badan Nasional Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat telah mengusulkan semua model kendaraan yang diproduksi setelah September 2014 harus dilengkapi dengan alat perekam data peristiwa.

Alat itu berfungsi untuk merekam data informasi sebelum dan sesudah kecelakaan.

Dalam sebuah wawancara dengan Detroit News, seperti dikutip inautonews pada Kamis (20/12), Direktur NHTSA, David Strickland mengatakan, pemerintah akan melindungi privasi pengendara dan menentang kemungkinan pengendara dapat menghidupkan dan mematikan alat perekam data.

Badan itu memperkirakan sekitar 96 persen model kendaraan tahun 2013 dan kendaraan kelas ringan baru memiliki kemampuan perekam data dan sekitar 91 persen sudah memiliki perangkat tersebut. Ketika dipicu oleh kecelakaan atau kantung udara, 'kotak hitam' pada mobil akan mengumpulkan data sebelum dan sesaat terjadi benturan.

Strickland menjelaskan, informasi EDR akan memberitahu tentang informasi-informasi yang terjadi dengan kendaraan. Informasi yang tercatat sangat penting untuk memahami masalah-masalah keselamatan otomotif.

Data-data yang dikumpulkan oleh 'kotak hitam' mencakup data kecepatan kendaraan, kekuatan pedal gas atau rem sebelum terjadi kecelakaan, waktu keluarnya kantung udara, kekuatan benturan serta kekuatan sabuk pengaman.

(kpl/bun)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters