Selasa, 30 November 2010

Oli Top One alias Telur Madu Khas Padang

Oli Top One, selama ini dikenal sebagai nama pelumas kendaraan bermotor. Tapi di kota Padang, nama itu digunakan untuk ramuan penyegar tubuh.

Ramuan itu terbuat dari campuran telor, madu dan perasan jeruk nipis. Sajian ini yang ditawarkan pemilik kedai kopi 'Nan Yo Baru' di Jalan Kapuas Padang, Sumatera Barat, kepada detikcom dan rombongan lain saat makan pagi, Jumat (28/3/2008).
Saat mencobanya, tidak ada bau amis yang bisa membuat perut mual. Sebaliknya, badan terasa segar. Badan yang semula agak lelah menjadi lebih ringan. Selain Oli Top One, masih banyak menu asli Padang yang ditawarkan Pak Liong, pemilik kedai. Keramahan Pak Liong dan senyum khasnya memang membuat pelanggan tertarik mecoba menu andalannya. Salah satunya, sate padang. Irisan daging sapinya terasa empuk dan gurih saat mampir di lidah. Belum lagi saat dicelupkan ke saos kental berwarna kemerahan yang menjadi pelengkap sate ini. Kedai Pak Liong, sejak pagi telah terlihat ramai dikunjungi warga Padang yang ingin sarapan. Kedai 'Nan Yo Baru' memang merupakan kedai yang sudah lama berdiri. Jadi tak heran jika kedai ini terkenal di telinga warga lokal maupun pelancong. Kedai kopi dengan karyawan sekitar 9 orang ini mulai berdiri sejak tahun 1960. Selain sate padang, Oli Top One, masih banyak menu lainnya yang ditawarkan. "Cara kami agar kedai tetap dikunjungi, kita harus banyak senyum dan ramah pada pelanggan. Yang utama kita selalu tawarkan menu terlebih dulu sebelum pelanggan sempat memilih," ujar Pak Liong. Untuk seporsi sate padang, pelanggan cukup mengeluarkan uang Rp 15 ribu. Sedangkan satu gelas Oli Top One dengan satu telor ayam kampung dibandrol Rp 7.500. (sumber: detik.com, 28 Maret 2008)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters