Minggu, 10 Februari 2013

Pamanukan Motor: modern, lengkap dan berkualitas

Bengkel yang berada di tengah-tengah sawah ini awalnya hanya banyak melayani kendaraan niaga seperti truk. Tapi kini telah berkembang menjadi salah satu bengkel modern di Subang, Jawa Barat.

Malah sekarang pelanggan terbesarnya adalah mobil-mobil pribadi. Mulai mobil keluarga, sedan hingga kendaraan mewah.

“Bengkel kita di tengah sawah, di mana awalnya kita banyak menservis truk karena memang di sini jalurnya truk. Tapi seiring jalan yang sudah mulai bagus dan diperbaiki, pelanggan kami terus bertambah dan berkembang hingga mobil-mobil penumpang,” ujar Nasikin, pemilik Pamanukan Motor. Bengkel ini sendiri berada di Jl. Cece Zakaria-Pasar Inpres Kelurahan Rancasari, Pamanukan, Subang, Jawa Barat.

Dari sekitar 6 pemain besar di Subang, Jawa Barat, boleh dibilang Pamanukan Motor adalah yang terbaik dengan penguasaan share 70 persen. Tak salah jika bengkel yang berdiri sejak 4 Mei 2004 ini selalu diserbu pelanggan. Rata-rata perhari mobil yang masuk bengkel mencapai 100 unit.

“Bahkan pernah sampai tembus 130 mobil. Jumlah itu termasuk pelanggan yang cuci mobil di kita,” ungkap Nasikin.

“Apa saja yang terkait dengan bengkel itu harus ada, jangan sampai ada salah satu mata rantai yang putus. Ya mekanik handal, ya partsnya ada, peralatan modern, sukucadangnya asli, aksesorisnya ada dan sebagainya. Kan konsumen senang kalau bengkelnya lengkap dan mekanik-mekaniknya bagus,” papar Nasikin. Selain menerapkan one stop service, sejak berdiri Pamanukan Motor menerapkan moto: Modern, Lengkap dan Berkualitas.

Bengkel Pamanukan Motor

Modern, mengandung pengertian bengkel harus ditunjang oleh peralatan dan perlengkapan modern. Meng-update peralatan perawatan kendaraan sesuai perkembangan zaman.

“Sekarang kan servis mobil makin modern. Kita siapkan peralatan komputerize sesuai mobil-mobil baru. Kemudian kita rutin mentraining mekanik-mekanik kita, misalnya ke Toyota, Isuzu atau Suzuki. Tujuannya biar kemampuan dan pengetahuan mereka bertambah bagus.

Lengkap, artinya bengkel Pamanukan memiliki semua hal yang dibutuhkan pelanggan. Mulai dari ban, sukucadang, aksesori, audio, sampai harga yang bersaing. “Pokoknya apapun yang berhubungan dengan mobil kita sediakan, kita lengkapi, jangan sampai terputus,” tambahnya.

Selanjutnya yang dianut bengkel ini adalah soal kualitas. Kualitas servis adalah kunci penting keberhasilan sebuah bengkel. Selain peralatan, pengetahuan dan skill mekanik terus ditingkatkan sejalan dengan upgrade peralatan perbaikan kendaraan.

Dari sisi sumber daya manusia, peningkatan kualitas tidak hanya menggandeng Agen Pemegang Merek (APM), tapi juga bekerjasama dengan suplaier peralatan bengkel.

Bengkel ini memiliki kurang lebih 24 karyawan. Di mana terdiri dari 7 mekanik utama, 4 teknisi pembantu, dan sisanya tenaga penjual dan sebagainya. “Bengkel kita luasnya kurang lebih 1.100 m2. Rencananya gudang parts belakang mau kita bikin tingkat supaya dapat menampung lebih banyak sukucadang dan aksesori,” tutur Nasikin.

“Kita punya libur hanya 4 hari dalam setahun, yakni Idul Fitri, Idul Adha, dan saat ulang tahun bengkel kita tanggal 4 Mei,” tambahnya.

(kpl/tim jkt/vin)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters