Jumat, 11 Januari 2013

Pasar Xeon Kecil, Yamaha Siapkan New Xeon RC

Yamaha Indonesia hingga catatan terakhir masih digdaya lewat penjualan skutik Mio J Teen yang mencapai 402.799 unit. Namun, Xeon sebagai model lain di segmen ini dinilai masih memiliki pasar yang kecil. Berdasarkan penjualan tahun lalu, market share-nya hanya delapan persen.

"Market share Xeon juga sangat kecil, tahun kemarin hanya mendapat 8 persen saja," ujar ungkap Dyonisius Beti, Executive Vice President Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Namun, hadirnya model baru Xeon RC yang juga mengusung teknologi anyar plus harga menggiurkan membuat Yamaha yakin bahwa jumlah penjualan mereka pun akan meningkat.

Target penjualan Yamaha untuk semua model yang mencapai 3.000 per bulan sebelumnya pun akan ditingkatkan menjadi 5.000 unit perbulan.

Xeon RC pun dijual Rp 1 juta lebih murah menjadi Rp 15,1 juta dari model sebelumnya yang dibanderol Rp 16,5 juta. Meski pangkas harga, skutik ini sudah mengusung teknologi bahan bakar injeksi YMJET-FI pada mesin 125 cc berpendingin cairan yang juga mencangkokkan DiASil Cylinder dan Forged Piston.

DiASil yang merupakan singkatan dari Die Aluminium Silicon menggunakan logam dengan campuran aluminium dan silikon. Pendinginan jadi lebih bagus sehingga masa pakai oli lebih panjang, tidak mudah aus, dan ramah lingkungan karena bukan menggunakan lapisan nikel total yang oleh karenanya mudah didaur ulang.

Yamaha motor di Indonesia sendiri berhasil menjual 2.433.354 motor selama satu tahun kemarin. Penjualan dengan angka besar ini antara lain didukung dengan penjualan bulan terakhir atau Desember saja yang mencapai 139.809 motor.(kpl/why/abe)

Sumber: Otosia.com

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters