Selasa, 1 Januari 2013

Pemberlakuan CFN direncanakan terus berlanjut

Kebijakan bebas kendaraan bermotor saat malam pergantian tahun (car free night/CFN) di kawasan Sudirman-Thamrin direncanakan diteruskan pada waktu lain di jalan yang berbeda.

Namun pemberlakuan bebas kendaraan pada malam hari berikutnya masih menunggu hasil evaluasi pihak Polda Metro Jaya dan Pemda DKI Jakarta. Demikian dikatakan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Putut Bayu Seno saat malam pergantian tahun di Jakarta.

“Memang ada rencana (car free night) diterapkan di hari lain, tidak hanya di malam pergantian tahunan saja,” ungkap Bayu Seno.

Jalanan Jakarta

Sejauh ini menurut Bayu Seno, pelaksanaan CFN di jalan Sudirman dan kawasan Monas Thamrin cukup lancar tanpa gangguan keamanan dan kenyamanan yang menonjol. Jika hasil evaluasi bersama antara Pemda DKI dan Polda Metro Jaya serta instansi terkait, kebijakan CFN tadi malam sukses, maka program tersebut kemungkinan besar bakal berlanjut.

“Kita akan evaluasi terus, apakah nantinya dilaksanakan lagi. Karena ini (CNF) bukan pada saat event tahun baru saja, tapi kalau car free night misalnya dapat dilaksanakan dengan baik, bisa saja dilanjutkan. Ini akan kita jadikan bahan evaluasi kedepan,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya menutup beberapa area yang menjadi pusat perayaan pergantian tahun. Lokasi yang ditutup tersebut diwajikan terbebas dari kendaraan.

Untuk ring satu, meliputi sepanjang jalan Jend Sudirman–Moh. Husni Thamrin dan ring dua di sekitar ruas jalan yang sama. Pemberlakuan CNF sendiri bertujuan selain untuk mengulangi polusi udara, menekan kepadatan dan angka kecelakaan lalu lintas juga untuk mengurangi pemborosan BBM.

(kpl/nzr/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters