Selasa, 18 Desember 2012

Penjualan naik 41 persen, Seri 3 mendominasi pasar BMW

BMW raih rekor pertumbuhan penjualannya sebesar 41% di Indonesia di tahun 2012 dengan perkiraan total penjualan melebihi 2.100 unit, naik dari 1.551 unit dibandingkan tahun 2011.

"2012 adalah tahun yang luar biasa buat BMW dan MINI di Indonesia," ujar Ramesh Divyanathan, Direktur BMW Group Indonesia, di sela-sela peluncuran BMW X6 di Jakarta, Selasa (18/12).

Angka penjualan yang dicapai tersebut menjadikan 2012 sebagai tahun yang sangat sukses bagi BMW Group Indonesia. Minggu lalu, perusahaan juga mengumumkan keberhasilan penjualan merek MINI di Indonesia yang diharapkan akan meraih sekitar 360 unit tahun ini, atau rata-rata 1 unit per hari.

Pangsa pasar BMW di segmen mobil premium terus menerus tumbuh setiap tahun sejak 2008 dan mencapai 30% tahun ini. Tidak ada merek mobil premium Eropa lainnya yang mencatat hasil yang positif dan konsisten beberapa tahun belakangan ini.

"Sukses ini menunjukkan bahwa baik BMW dan MINI, produk dan layanan purna jualnya telah memenangkan lebih banyak konsumen di Indonesia," tambah Ramesh.

Salah satu faktor sukses BMW adalah ekspansi kegiatan produksinya di Indonesia sejak 2011. BMW Seri 3 terbaru, BMW Seri 5, BMW X1 dan BMW X3 adalah empat model yang telah dirakit di Indonesia yang juga merupakan model-model yang mendorong pertumbuhan volume penjualan di tahun 2012 ini.

BMW Seri 3 memberikan kontribusi sebesar 34% dari total volume, diikuti oleh BMW Seri 5 dengan 29%, BMW X1 dengan 18% dan BMW X3 dengan 7%. Sisanya dibagi oleh model-model niche seperti BMW Seri 7, BMW Seri 6, BMW Seri 1, BMW X5, BMW X6 dan BMW Z4.

(kpl/nzr/bun)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters