Perbedaan Honda CB300 EU dengan CB300R Brasil

Perbedaan Honda CB300 EU dengan CB300R Brasil

Kemunculan 'blue print' versi naked dari Honda CBR300R 2014 versi Eropa yakni CB300 (CB300F) seakan mengungkap rencana besar Honda untuk line-up mid-segment sportbike-nya tahun ini. Mengingat, desain naked-bike ini juga akan disematkan di model 250cc yang khusus untuk pasar Asia.

Terlepas dari hal di atas, tahukah Anda bahwa sebenarnya salah satu negara bagian di benua Amerika yakni Brasil telah lebih dulu menghadirkan alias memasarkan motor serupa. Meskipun dari segi spesifikasi mesin CB300 EU masih tertutup tabir gelap sebagai perbandingan, namun sosok yang hadir di Brasil yakni Honda CB300R juga berjenis naked-bike.

Bodyworks

'Blue print' Honda CB300 EU terlihat lebih 'tajam' dalam setiap 'pahatan' lekukan bodyworknya. Sebagai versi naked-bike dari Honda CBR300R, memang nyaris sulit dibedakan body tengah hingga rear end-nya. Tangki, jok, fender belakang, tail light, bahkan kuat dugaan sasisnya pun sama persis dengan versi full-fairingnya.

Beralih ke CB300R Brasil, bodyworknya yang mendapat pengaruh besar dari jenis CB600F Hornet dengan pahatan body yang tidak 'tajam' membuatnya keduanya sangat mirip. Sehingga kesan streetfighter pada CB300R ini tidak terlalu menonjol - sebatas sport-touring saja, beda dengan dengan CB300 EU yang sangat gahar - sarat aroma streetfighter.

Mesin dan Performa

Terkait spesifikasi mesin calon CB300 EU ini, Honda masih belum mau angkat bicara. Sehingga untuk saat ini kita masih sedikit kesulitan untuk membandingkan performa kedua spesies CB300 naked-bike ini.

Honda CB300R Brasil merupakan produk untuk menggantikan 'masa bakti' CB250 Twister (CBX250 Twister-India). Honda CB300R bermesin 291cc dengan pendingin udara, DOHC, 4-valve double overhead camshaft, 4 stroke dan hanya satu silinder.

Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 26 hp pada 7500 rpm dan a torsi puncak 28,5 Nm pada 6000 rpm. Untuk suplai bbm ke ruang pembakaran sudah disempurnakan dengan hadirnya teknologi PGM-FI (fuel injection).

New Honda CB300R 2014 (Brasil)

CB300R Brasil ini dibekali dengan transmisi 5-percepatan. Untuk perangkat rem tersedia dua varian yakni standar disc-brakes dan juga sistem ABS. Fork depan menggunakan tipe teleskopik sedang swingarm belakang dibekali dengan suspensi monoshock.

Harga

Lagi-lagi masih tertutup tabir gelap, banderol harga Honda CB300 EU masih belum atau sulit untuk didapatkan bocorannya. Sedangkan untuk harga New Honda CB300R 2014 yang secara khusus hanya beredar di Brasil dan sekitarnya dibanderol sekitar R$ 12,040 (Standard) setara Rp 61,5 jutaan sedangkan yang ABS (C-ABS) dihargai R$ 13,740 atau setara Rp 70 jutaan.

New Honda CB300R 2014 (Brasil)

Berikut data spesifikasi New Honda CB300R 2014 (Brasil):

  • Engine : 291,6cc, single cylinder, DOHC, 4-valves, air cooled with oil cooler 

  • Power Supply : PGM-FI - digital fuel injection
  • 
Ignition : Digital electronic
  • 
Starting : Electric 

  • Bore x stroke (mm) : 79 x 59.5 

  • Compression ratio : 9:1 

  • Power : 26.5 hp / 7.500 rpm
  • 
Torque : 28,5 Nm / 6.000 rpm
  • Trasmission : 5-speed
  • Frame : Tubular steel cradle semiduplo style diamond
  • Front Suspension : Hydraulic telescopic fork with 130mm travel 

  • Rear Suspension : Aluminium monocushioned balance and link with 105mm stroke
  • Front Brake : 276mm disc with 2-piston caliper / ABS

  • Rear Brake : 240mm disc with single clamp / ABS
  • Front Tire: 100/70-17 

  • Rear Tire : 140/70-17
  • Dimensions : Length-208.5 (inch), Height / width : 104/74, 5 (cm)

  • Wheelbase : 140.2 (inci)
  • 
Dry weight : 147 kg (Standard), 151 kg (C-ABS)
  • Colors : Black, Red and White (Standard), Black and White (C-ABS)
  • Seat Height : 78, 1 (cm)
  • 
Tank capacity : 18 liter

(Source specs : Honda Brasil)

(kpl/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024