Rabu, 26 Desember 2012

Persiapan Car Free Night Monas dan HI

Rencana persiapan pemberlakuan bebas kendaraan (car free night/CFN) selama malam tahun baru di kawasan Monas dan bundaran Hotel Indonesia (HI) sudah berjalan 90 persen.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto sejak pukul 14.00 WIB pihak kepolisian sudah mulai melakukan sosialiasi kepada warga Jakarta, khususnya pengguna jalan. “Setelah itu pada pukul 18.00 WIB, baru kita tutup jalur utama, tetapi di jalur lambatnya tetap kita buka,” ujar Rikwanto.

Jakarta

Namun, mulai pukul 20.00 WIB sampai jam 02.00 WIB dinihari, Polda Metro Jaya akan menutup seluruh jalur, baik lajur lambat maupun cepat di kawasan bebas kendaraan tersebut. “Lalu setelah itu, jalur akan kami buka kembali seperti semula,” paparnya.

Guna memudahkan masyarakat yang ingin menikmati malam pergantian tahun sehubungan dengan penutupan jalan, petugas sudah menyiapkan beberapa lahan parkir, seperti lapangan IRTI monas, Parkir Timur Senayan dan beberapa gedung atau hotel disepanjang jalur itu CFN.

Monas

“Tapi supaya semuanya lancar, kami himbau warga untuk memesan lebih dahulu kepada pengelola gedung kalau ingin memarkirkan kendaraannya di hotel atau gedung,” tambah Rikwanto.

Sementara bagi pedagang kaki lima yang ingin mengambil keuntungan di malam pergantian tahun tidak dilarang asalkan tidak membawa kendaraan, dan tetap menjaga ketertiban dan kebersihan.

“Silahkan (pedagang kaki lima) masuk ke jalur car free night, tapi tidak boleh bawa kendaraan. Harus tertib dan menjaga kebersihan,” pungkasnya.

(kpl/nzr/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters