Selasa, 25 Desember 2012

Polda Metro Jaya siapkan kantung parkir malam tahun baru

Polda Metro Jaya mengaku sudah menyiapkan kantung-kantung parkir untuk mengantisipasi membludaknya kendaraan bermotor. Lahan parkir ini khusus untuk menuju kawasan Monas dan Bundaran HI saat malam pergantian tahun.

"Soal parkir kendaraan, tidak masalah karena sudah kami antisipasi. Kami sudah siapkan kantong-kantong parkirnya. Jadi bagi masyarakat yang mau menikmati Car Free Night saat malam tahun baru silahkan," kata Wakil Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya, Brigjen (pol) Sudjarno.

Dua kawasan ini terlarang bagi kendaraan bermotor saat malam pergantian tahun. Selain menghindari kemacetan panjang, kebijakan ini juga terkait dengan program bebas polusi Pemda DKI Jakarta.

Beberapa lokasi yang disiapkan sebagai lahan parkir di antaranya Parkir Timur Senayan, IRTI Monas, gedung-gedung perkantoran, dan hotel-hotel di sepanjang jalur bebas kendaraan bermotor. Area parkir ini disediakan khusus oleh Polda Metro Jaya bagi masyarakat yang ingin menikmati malam tahun baru di kawasan Monas dan bundaran HI.

“Selain tempat-tempat tadi, bahkan kalau ada masyarakat yang mau parkir di Polda Metro Jaya juga bisa, silahkan saja,” papar Sudjarno.

Petugas Kepolisian dan Pemda DKI sengaja menyiapkan area bebas kendaraan tersebut agar warga Jakarta dapat merayakan malam tahun baru. Selain itu juga dapat terbebas dari polusi udara sehingga bisa nyaman menikmati hiburan dengan 16 panggung musik dan games yang rencananya disediakan.

Selain Monas dan HI, Polda Metro Jaya menyatakan kawasan lain yang bakal dibanjiri warga Ibu Kota adalah pusat rekreasi hiburan keluarga Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Setiap pergantian tahun, dua lokasi ini selalu menjadi pusat keramaian sehingga menyebabkan kemacetan cukup panjang,” timpal Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto.

(kpl/nzr/vin)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters