Kamis, 21 Februari 2013

Produksi Spin libatkan perusahaan lokal

PT General Motors Indonesia (GM Indonesia) akan melibatkan 27 perusahaan komponen lokal untuk memasok auto-parts pembuatan Chevrolet Spin dan produk dengan platform yang sama.

Perusahaan komponen dalam negeri akan menjadi suplier untuk fasilitas perakitan pabrik GM di Bekasi.

“Selain dari negara-negara lain, kami juga melibatkan perusahaan-perusahaan dalam negeri Indonesia,” kata Martin Apfel, Presiden, General Motors Southeast Asia Operations.

Pihak GM berjanji ke depannya basis pemasok lokal akan diperluas dengan tetap mematuhi regulasi dari Bekasi dan fasilitas-fasilitas GM lainnya. Beberapa pemasok lokal saat ini sudah mulai menyediakan sebagian parts untuk produksi.

Produksi Chevy Spin

Dalam pelibatan perusahaan komponen lokal, GM Indonesia memberlakukan aturan ketat, sehingga produk yang keluar dari pabrik Bekasi benar-benar sesuai dengan standar global GM.

“Pemasok dipilih melalui proses seleksi dan peraturan yang ketat oleh GM dengan peraturan yang tinggi untuk segi kualitas dan biaya,” ungkat Martin.

Saat ini rasio antara pemasok lokal dan asing adalah 36:64. Pemasok asing berasal dari 18 negara, yang sebagian besar berasal dari Asia.

Fasilitas pabrik GM akan beroperasi untuk memproduksi All New Chevrolet Spin serta varian dari platform yang sama. Produksi awal GM, 80 persen ditujukan untuk pasar dalam negeri dan 20 persen untuk diekspor.

Hasil produksi akan di ekspor kepada 5 pasar termasuk Thailand, Filipina, dan Afrika Selatan pada tahun 2014.

Perakitan Chevy Spin

Seperti diketahui fasilitas perakitan Bekasi digunakan untuk memproduksi MPV Sub-Compact Chevrolet Spin, yang dibuat khusus untuk pasar MPV di Indonesia.

Dengan kapasitas produksi sebesar 40.000 unit per tahun, Chevrolet Spin akan menjadi produk satu-satunya yang akan diproduksi dan dijual di Indonesia dan pasar ekspor.

Fasilitas produksi ini dilengkapi dengan fasilitas perakitan, bengkel, press shop, pengecatan, dan gudang. Pabrik ini juga mengadopsi proses manufaktur terkini, dengan tata ruang serta peralatan paling praktis yang telah diterapkan oleh GM.

Meski sudah nampak proses produksi, fasilitas perakitan memberikan gambaran langsung kesiapan proses produksi Chevrolet Spin yang dimulai secara reguler pada April 2013.

Perakitan Chevy Spin

(kpl/nzr/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters