Sabtu, 29 Desember 2012

Program mobil murah munculkan industri baru

Sebanyak 35 industri komponen baru muncul dalam dua tahun program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) oleh pemerintah. Mereka merupakan investor asing yang sebagian bekerja sama dengan industri komponen lokal. Mereka kelak akan mendukung produksi sejumlah ATPM dalam merakit mobil murah di Indonesia

"Mereka investor asing yang sebagian berkolaborasi dengan perusahaan lokal. Komponen yang diproduksi terkait mesin dan komponen-komponen pada bodi mobil," ungkap Budi Darmadi selaku Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian di Jakarta.

Komponen-komponen itu sendiri disebut belum pernah diproduksi di Indonesia. Adapun program LCGC kelak akan didukung oleh 140 industri komponen lokal. Budi Darmadi menambahkan bahwa tahun depan diprediksi akan ada perusahaan komponen lain lagi yang masuk ke Indonesia.

Agya-Ayla

Sejumlah brand sudah menyiapkan perakitan lokal supaya bisa memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan pemerintah.

Tata Nano sebagai salah satu nama baru yang siap terjun ke pasar ini pun berencana akan menggandeng mitra lokal seperti PT Gaya Motor (Astra Grup) atau National Assemblers (Indomobil Grup) dalam tiga tahun perakitan awal.

Salah satu persyaratan masuk LCGC, 80 persen komponen yang digunakan wajib dibuat di Indonesia. Untuk memenuhi ini, paling berat adalah investasi pengecoran mesin dan transmisi, membutuhkan dana tidak sedikit.

Agya

"Persyaratan itu harus dipenuhi pada tahun ketiga penjualan. Jadi selama tiga tiga tahun pertama, kita bisa menumpang merakit dulu, sambil menyiapkan pabrik sendiri," ungkap Direktur HR & Legal Tata Motor Indonesia Achmad Djauhari dalam sebuah kesempatan.

Nama seperti Denso dan Aisin pun sudah memaparkan konsistensinya dalam berinvestasi di Indonesia secara besar-besaran. "Membeli lahan untuk pabrik baru di kawasan Karawang yang sudah dilakukan di 2011. Kami juga akan meningkatkan rencana pelokalan produksi komponen dan meningkatkan volume ekspor dari komponen primer," ungkap perwakilan Aisin Seiki Co Ltd di Jakarta.

PT Aisin Indonesia sendiri merupakan perusahaan kerja sama antara PT Astra AutoParts Tbk (Astra International Group) dan Aisin Jepang (anggota dari Toyota Manufactur Corporation Group). PT Aisin Indonesia bergerak di bidang manufaktur komponen otomotif, dengan 1.200 karyawan dan berlokasi di Kawasan East Jakarta Industrial Park, Cikarang, Bekasi.

(kpl/why/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters