Sabtu, 20 April 2013

Seperti apa tren modifikasi SUV sekarang?

Andre Mulyadi dari rumah modifikasi Signal Kustom, Bandung, melihat bahwa tren modifikasi SUV saat ini masih di sektor yang simpel-simpel saja. Namun memang diakui, ada beberapa penganut modifikasi ekstrim yang merombak habis tunggangannya tersebut, walaupun jumlahnya bisa dihitung dengan jari.

Dalam pandangannya, pemilik rumah modifikasi yang berdiri tahun 2005 tersebut melihat kalau tren modifikasi justru lebih banyak ke sektor velg. Dalam perhitungannya, kebanyakan menggunakan velg ukuran besar dan sudah cukup membuat SUV tampil keren.

"SUV yang paling gampang up-size ring mereka ganti dengan ring lebih besar, American style. Kalau mereka mau modifikasi yang gampang sih. Di atas ring 20, misalnya ring 24. Kalau SUV-nya Hummer mungkin bisa masuk ring 26 atau 28. Makin gede velg-nya, semakin keren mobilnya," papar Andre.

Sektor eksterior lebih pada bagian-bagian dengan sistem pasang tempelan. Ia memberi contoh penggunaan body kit yang bisa dilepas-pasang.

"Kalau eksteriornya mereka enggak bermain ekstrim. Ada yang ekstrim tapi sedikit sekali. Kebanyakan mereka lebih main add-on bodykit. Aplikasi karbonnya juga hanya di handelnya, misalnya, yang lebih simpel. Fokusnya lebih ke velg. Kalau ada yang body set ada, tapi sangat jarang, bisa dihitung jari," unggahnya.

Modifikasi SUV

Di SUV pun biasanya sektor interior jarang disentuh. Namun ada pula yang coba mengikuti model bahan kulit dan dengan sedikit sentuhan vintage.

"Interior yang cocok, sekarang sih banyak Leather. Kayak OEM-nya Lambo yang kita pakai di Jazz. Leather sih lagi cukup tren. Untuk interior, ada ide bikin clone leather, mereka bikin pakai kulit, bikin sintetik-nya, yang enggak tersentuh sama badan. Vintage leather, kayak di dasbor, door trim, pilar," bebernya.

"Di luar, ada mobil yang dijadiin sound system. Pioneer sendiri buat mobilnya jadi sound system," tambahnya.

Artikel Terkait

Honda Diskon Rp 30 Juta untuk CR-V Lama

7 Karya Modifikasi Mobil BMW Paling Mewah

Mitsubishi Pajero Sport, Best SUV Diesel Indonesia

(kpl/why/rd)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters