Selasa, 17 Desember 2013

Siliwangi dikategorikan 'Black Spot' akibat tingkat kecelakaan tinggi

Satlantas Bekasi menyebutkan bahwa tingkat kecelakaan di wilayahnya moderat. Namun, mereka juga memetakan pola dan melihat daerah yang rawan kecelakaan atau disebut sebagai 'black spot'.

"Kecelakaan banyak terjadi karena masalah manusianya, yang ugal-ugalan, seperti itu. Walau tidak menutup kemungkinan juga karena faktor jalan, situasi jalanannya. Di situlah kita melihat, kaji daerah-daerah black spot, daerah rawan," ujar Kompol M Arsal Sahban, Kasatlantas Polres Bekasi.

Kompol M Arsal Sahban pun menyebut Jalan Raya Siliwangi sebagai black spot di wilayahnya berdasarkan kajian dari Januari sampai Juni. "Jalan Siliwangi ini tingkat kecelakaannya tinggi, tingkat kefatalannya, tingkat meninggalnya tinggi," tekannya.

Jadi 'Black Spot' karena sering kecelakaan

Program untuk mengatasi masalah pun diberlakukan. Di antaranya kampanye keselamatan berlalu lintas, gerakan kemitraan kepedulian keselamatan, penanganan pasca-kecelakaan lalu lintas. Ada juga perbaikan sarana dan prasarana, kemudian kegiatan patroli, penindakan, dan segala macam.

"Untuk perbaikan sarana dan prasarana, kita memperbaiki median jalan. Itu cukup panjang, ada sekitar 6 kilometer. Ada rambu-rambu, penerangan jalan, pohon-pohon dibabat, kemudian mata kucing atau reflektor," ujarnya lagi.

(kpl/why/sno)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters