Subhan Aksa raih Otomotif Award, bekal spirit ke reli dunia 2013

Subhan Aksa raih Otomotif Award, bekal spirit ke reli dunia 2013

Subhan Aksa berhasil meraih penghargaan di ajang Otomotif Award 2013 sebagai Motorsport Driver of The Year. Semua berkat perjuangan dan prestasinya di kancah FIA 2012 Production World Rally Championship (PWRC).

Para juri menilai perjuangan Subhan di reli dunia itu layak diapresiasi mengingat level dan ketatnya persaingan di PWRC yang merupakan pintu gerbang ke kelas utama WRC (World Rally Championship).

Terlebih, karena Subhan mampu memberikan prestasi yang mengharumkan nama Indonesia. Dari enam seri yang dikuti sepanjang 2012, pereli asal Sulawesi Selatan ini mampu menapak ke podium sebagai runner up di seri Acropolis Yunani dan Selandia Baru dan podium ketiga di seri Spanyol.


Di podium itu Subhan dan navigatornya senantiasa membawa bendera Merah Putih dalam ukuran besar dan mengibarkannya di tengah sorotan kamera media dari seluruh dunia. Di akhir kompetisi 2012, Subhan sukses menempati di 5 Besar kejuaraan umum dan itu merupakan prestasi tertinggi pereli Indonesia di kancah dunia.

“Saya bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan ini, apalagi diberikan saat saya baru melakoni reli dunia itu secara regular di tahun pertama. Jujur saja, saya benar-benar tak menduga akan mendapat apresiasi sebesar ini. Apresiasi ini akan menambah spirit kami untuk kembali berjuang di reli dunia,” komentar Subhan seusai penganugerahan.

Musim kompetisi 2013 ini Subhan sudah mengagendakan turun kembali di gelanggang WRC2. Kelas baru bentukan FIA yang berputar mulai 2013. Kelasnya masih setingkat di bawah WRC, tapi mobil-mobil kompetisinya bisa dikatakan hampir sama dengan mobil-mobil WRC. Hanya sebagian kecil regulasi teknisnya yang berbeda, seperti ukuran pipa turbo yang beda beberapa milimeter. Untuk itu Subhan pun mengganti pacuan agar bisa kompetitif di WRC2.

(kpl/tr/rd)

© PT Topindo Atlas Asia 2024