Sudah 41 ribu mobil murah padati jalan

Sudah 41 ribu mobil murah padati jalan

Sejak diluncurkan 9 September 2013 lalu mobil murah hingga kini terus kebanjiran Order. Meski belum diperoleh data terbaru, tercatat, Low Cost Green Car (LCGC) Daihatsu Ayla dan Toyota Agya telah terjual lebih dari 41.000 unit dipasar domestik selama tahun 2013.

Selain cukup diminati, penggunaan komponen lokal pada LCGC produksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini akan mencapai 88 persen pada akhir tahun 2014 ini dan diharapkan akan terus meningkat kedepannya.

Tak Cuma untuk memenuhi kebutuhan mobil dalam negeri, ADM akan melakukan ekspor model LCGC berbasis Agya ke Filipina. Selama tahun 2014, ADM merencanakan mengekspor 6.000 unit

"Ekspor ini membuktikan bahwa program Pemerintah terkait LCGC telah berjalan dengan baik, dan sesuai rencana, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor," ujar Sudirman MR, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor.

"Pencapaian ini semakin mengukuhkan bahwa produk ADM adalah produk yang memenuhi standard kualitas global sehingga diterima di pasar internasional," tambah Sudirman.

Toyota Group telah mempercayakan Indonesia sebagai basis produksi global. Volume ekspor Toyota Indonesia dan Daihatsu Indonesia mencapai lebih dari 80 persen dari total ekspor CBU Indonesia, atau mencapai lebih dari 138.000 unit tahun 2013 yang diekspor ke lebih dari 80 negara tujuan baik dalam bentuk CBU, CKD, mesin maupun komponen.

(kpl/nzr/rd)

© PT Topindo Atlas Asia 2024