Jumat, 1 Maret 2013

Suzuki bantah giring customer beli Ertiga GL dan GX

Suzuki Ertiga rasanya pantas menyandang mobil yang fenomenal di tahun 2012. Tidak hanya sebagai pendatang baru, Ertiga juga sanggup menggeser peta pasar kelas low MPV yang selama ini didominasi produk kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Varian tertinggi GX dan GL adalah dua model yang paling laris diburu konsumen di segmen ini. Menyusul urutan paling buncit adalah tipe GA (single blower). Menariknya, dari sejumlah brosur sales di beberapa dealer di Jakarta, tidak tercantum daftar price list dan tenor kredit tipe GA. Yang dimunculkan hanya varian GL dan GX berikut daftar harga dan angsuran per bulan.

Ketika dikonfirmasi pun pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membantah itu merupakan unsur kesengajaan dan mengarahkan calon konsumen untuk meminang tipe GL dan GX. Tidak adanya nama GA hanya lebih merupakan inisiatif dari pada tenaga penjual. Sementara secara nasional Suzuki telah merilis brosur spesifikasi dan daftar harga, serta kredit Ertiga.

“Oh bukan begitu maksudnya (mengarahkan). Kami ada kok brosur dan harga GA. Kebetulan memang yang Anda lihat tidak ada. Setiap dealer kami punya kok daftarnya, dan kami selalu tawarkan ke customer pilihan tipe-tipe Ertiga. Jadi customer bukan kita giring beli tipe ini,” ujar Tji Jen, Coordinator Area Jabodetabek 4W Marketing–Domestic Sales 4W PT Suzuki Indomobil Sales, sambil memperlihatkan brosur harga Ertiga beberapa waktu lalu.

Brosur Penjualan Suzuki Ertiga

Dari total penjualan Suzuki Ertiga di Jabodetabek, GL dan GX adalah tipe yang paling banyak laku. Bahkan kedua tipe ini pemesannya terus mengalir deras di dealer-dealer Suzuki yang tersebar dari Jakarta dan sekitarnya.

Persentase penguasaan varian GL dan GX adalah 45 - 45 persen, sisanya tipe GA karena masih single blower. Tipe GL dan GX banyak dibeli konsumen pribadi atau individu, sementara GA cenderung diserap pasar fleet market (perusahaan).

Di Jabodetabek sendiri penjualan Ertiga mencapai 2.000-an unit per bulan. Dalam area pemasaran Suzuki, wilayah penjualan Jabodetabek termasuk Jawa Barat, seperti Purwakarta, Cianjur, Sukabumi, sampai Banten.

“Mereka (customer) perorangan lebih suka Ertiga yang lebih nyaman. Karena dipakai bersama keluarga dengan AC double blower jadi merasa nyaman. Kalau GA kan single blower, lebih banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tipe ini,” tandasnya.

(kpl/nzr/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters