Minggu, 17 Februari 2013

Suzuki bungkam masalah Mazda VX1

Sulit menampik bahwa Mazda sedang menyiapkan model MPV serupa Suzuki Ertiga. Gambar yang beredar di dunia maya sudah menunjukkan bentuk jelas plus logo yang memang menjadi simbol Mazda dari mobil baru tersebut.

Namun pihak Suzuki yakin bahwa MPV kembaran itu tidak akan menggoyang Ertiga.

"Kami no comment untuk itu (MPV kembaran Ertiga dari Mazda) Kalaupun jadi, Ertiga tetap jadi pilihan konsumen," ungkap 4w Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho pasca-pengundian triple bonus tahap 1 Suzuki.

Rencana ini sendiri memang sebelumnya ditegaskan masih rahasia. Seiji Itayama selaku Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang ditemui pada peluncuran Ertiga dengan AC double blower masih tutup mulut soal ini. Walaupun kerja sama dengan model serupa diyakininya sebagai hal lumrah.

"Kalau itu (kerja sama proyek mobil kembar Mazda VX1-Suzuki Ertiga) saya tidak mau berkomentar. Tapi secara global kerja sama dua merek itu sudah hal biasa, seperti Mitsubishi Maven dan Suzuki APV," ungkap Seiji Itayama.

Sanggahan yang diberikannya pun bukan penolakan. Ia memang sudah diwanti-wanti oleh prinsipal terkait hal ini. Meski demikian, ia menyarankan untuk menanyakan hal tersebut kepada pihak Mazda.

"Kalau Anda tanya bagaimana realisasi dan kelanjutan kerja sama Mazda dan Suzuki tentang proyek ini, saya tidak mau menjawab. Saya sudah diperintahkan oleh prinsipal saya di Jepang, SMC (Suzuki Motor Co) untuk tidak boleh berkomentar kepada Anda (wartawan) terkait hal ini. Jadi kalau mau menanyakan, tanya saja pada Mazda," sanggahnya.

Rencana PT Mazda Motor Indonesia memasarkan MPV 7-penumpang VX-1 terbongkar di India. VX-1 tak ubahnya Suzuki Ertiga yang berganti logo depan dari Suzuki menjadi Mazda.

Mazda VX1

(kpl/nzr/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters