Kamis, 31 Januari 2013

Suzuki Ertiga bikin rivalnya pasang kuda-kuda

Suzuki Indomobil Sales mengiyakan ketika ditanya bahwa Suzuki Ertiga adalah kendaraan yang fenomenal. Pihak pimpinannya pun mengakui bahwa mereka akan menjadikan MPV 7-penumpang ini kembali menjadi tulang punggung penjualan pada tahun 2013.

Tak ayal, Avanza-Xenia selaku pesaing di segmen Low MPV pun menjadi pembanding. Dan kini terlihat mulai pasang kuda-kuda dengan menebar diskon karena penjualan yang tergerus.

"Potensi pasar Ertiga yang sangat besar. Konsumen mulai banyak yang memilih Ertiga. Ertiga menjadi fenomenal. Sejak Mei, dilaunching dan masuk pasar, volumenya selalu naik. Di kelas entry level, di low MPV, kami adalah satu-satunya produk yang tanpa diskon selama 9 bulan," ungkap Endro Nugroho, 4W Sales Director Suzuki Indomobil Sales, coba memberi perbandingan.

Target market share Ertiga di kelas low MPV pun cukup besar. Dengan melihat prediksi Gaikindo, angka yang dibagi dari kue penjualan di segmen terlaris tersebut mencapai 16 persen. "Target kita tahun ini merebut market share 16 persen. Ini kita ambil berdasarkan asumsi Gaikindo," tambahnya.

Dengan tidak adanya diskon, penjualan Ertiga pun tidak tergoyahkan. "Jadi menurut Anda (wartawan) volume penjualan Ertiga terganggu dengan ada tidaknya diskon? Kita tidak mau ada diskon-diskon. Tanpa diskon, volume Ertiga sangat tinggi. Jadi, saat ini saya rasa tidak perlu ikut-ikutan diskon seperti tetangga," ungkapnya.

Apakah diskon pada kompetitor tidak lantas mengimbangi derasnya pemesanan Ertiga? "Dengan adanya diskon dari tetangga, pasar kita tidak terganggu. Minimal 5.000 unit per bulan, kita bisa," tutup Endro.

Model terlaris dari Januari sampai akhir Oktober 2012 tahun lalu sendiri memang masih dipegang oleh Toyota Avanza dengan 157.189 unit atau 17 persen dari total penjualan mobil di Indonesia yang kala itu baru mencapai 923.132 unit (kini lebih dari 1,1 juta unit).

Toyota Avanza di peringkat pertama, sementara Daihatsu Xenia terjual hingga 61.532 unit. Adapun Nissan Grand Livina masih berada di atas Suzuki Ertiga yang terlihat mulai menyodok masuk daftar mobil terlaris dengan raihan 26.196 unit.

(kpl/why/vin)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters