Suzuki Ertiga, siap jadi idola baru low MPV

Suzuki Ertiga, siap jadi idola baru low MPV

Otosia.com -

Calon penantang kuat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia telah hadir. Ia adalah Suzuki Ertiga. Tampil lebih komplit dan percaya diri, Ertiga siap memberikan gebrakan di segmen low MPV yang pasarnya gemuk, dan mencoba menggerus dominasi dua model kembar milik Astra Group tersebut.

Cerita-cerita soal keunggulan Suzuki Ertiga dibanding kompetitornya, terutama di sisi kelengkapan fitur dan peranti keselamatan, bukan isapan jempol. Tidak hanya itu, MPV (multi purpose vehicle) dengan 3 deret kursi ini kian komplit dengan dukungan desain eksterior yang anggun, stylish, dan diklaim hemat bahan bakar.

Komposisi style dinamis Suzuki Ertiga menunjukkan bahwa kendaraan ini adalah kendaraan penumpang. Konstruksi yang kuat mengekspresikan keamanan bagi penumpangnya. Tampak muka yang masiv dengan desain yang lebih besar dan mengekspresikan kesan yang kuat sebagai compact car, serta lampu depan yang memberikan kesan mewah.

Kabin kemudi Suzuki ErtigaDashboard Suzuki Ertiga "Ertiga dapat mewujudkan kebutuhan akan kendaraan serba guna yang bisa memuat banyak penumpang dengan desain ruangan yang sangat lega, mewah dan canggih," tegas Hisanori Matsushima, Chief Desainer Vehicle Line II Suzuki Motor Corporation (SMC).

Ertiga dikembangkan dengan mengadopsi platform global Suzuki Swift generasi kedua. Selain penanganan dan stabilitas mengemudi yang menjadi karakteristik Swift, jarak poros roda (wheelbase) diperpanjang menjadi 2.740 mm, menghasilkan interior yang luas. Inilah yang menjadi inti dari kenyamanan yang dibanggakan pada Ertiga.

MPV ini memiliki panjang keseluruhan 4.265 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.685 mm, dengan radius putar 5,2 m. Selain performa, kemampuan bermanuver menjadi faktor yang penting, sehingga Suzuki membuat radius putar minimum 5,2 meter untuk manuver yang lebih baik di daerah padat.

Secara visual, Ertiga memiliki bentuk body yang compact dan ringan, dilengkapi dengan mesin dengan pembakaran sempurna sehingga menghasilkan tenaga yang cukup besar dan pemakaian bahan bakar yang efisien.

Sebelum menuju eksterior, bagian dalam Ertiga cukup banyak memberikan cerita. Misalnya, pengaturan kursi atau seat arrangement cukup efisien sehingga semua penumpang merasa nyaman di masing-masing tempat duduk. Ini sekaligus menjawab keinginan pasar Indonesia yang mendambakan kehadiran kendaraan baru model MPV 3-baris kursi penumpang yang representatif untuk keluarga Indonesia.

Bagian interior didesain supaya bisa memenuhi segi kenyamanan dan fungsionalitas (serba guna). Desain instrumen panel tidak hanya memberikan kesan sebagai Family Car di dalam kategori MPV tetapi juga mengedepankan rasa nyaman pada saat mengemudi, terlihat lebih sporty, visibilitas prima dan kemudahan dalam penggunaan.

Bagian tengah instrument panel dirancang supaya terlihat lebih elegan dan dinamis. Bentuk kursi penumpang, tinggi kursi, sampai dengan sudut/jarak pandang menjadi salah satu pertimbangan dalam mendesain ruang kabin Ertiga. Hasilnya, tercipta ruang yang lega dimana penumpang dengan ukuran badan yang besar sekalipun bisa duduk nyaman di bangku baris ketiga.

Ruang kabin Ertiga tidak hanya bisa memuat 3-baris kursi penumpang yang serba guna tetapi juga memiliki tata letak (layout) yang didesain nyaman bagi semua penumpang di setiap barisnya. Khusus pada kursi baris ketiga, yang pada umumnya kendaraan cenderung sempit, maka bagian belakang lebih lega sehingga orang dewasa pun bisa duduk nyaman di bangku deret ketiga. Kursi deret belakang hanya didesain untuk 2 penumpang, inilah yang membuatnya menjadi lebih leluasa.

Daya tarik Ertiga tidak hanya ruang kabinnya yang lega tetapi juga pengaturan tempat duduk (seat arrangement) yang mewah. Tidak hanya bisa memuat banyak penumpang dan barang bawaan, kursi penumpang Ertiga sudah diatur supaya bisa difungsikan untuk segala keperluan (serba guna). Dengan kata lain, pengaturan kursi ini diciptakan dengan memperhatikan berbagai macam aspek, seperti jumlah anggota keluarga, penggunaan dan kebutuhan pelanggan.

Suzuki Ertiga mempunyai kualitas desain yang sama antara Jepang dan Eropa. Dengan garis desain yang smooth memberi kesan elegan dan nyaman kepada penumpangnya. Steering wheel dan meters yang memberikan kesan sporty. Warna kabin yang memadukan antara warna beige dan coklat memberikan kesan terang dan cerah.

Eksterior

Mobil dengan 3-baris kursi penumpang pada umumnya terlihat seperti kendaraan umum karena jok terlihat tinggi dan penumpang seperti berada di dalam sebuah kotak, sementara Ertiga di desain secara khusus untuk mewujudkan kebutuhan akan pandangan kedepan yang luas dan tampilan samping yang elegan karena lay out kursi penumpang didesain dengan mempertimbangkan sudut atau garis lengkung tubuh kendaraan (character line), sehingga orang yang melihat mobil ini untuk pertama kali pun tidak akan mengira bahwa Ertiga adalah kendaraan model MPV.

Sisi samping, terkesan sangat proporsional dan elegan karena dari bagian Front Foot sampai dengan Roof End terlihat menyatu. Dengan sedikit menurunkan sudut Rear Roof, semakin meningkatkan fungsi aero-dinamis dan memberikan kesan bahwa Ertiga adalah mobil penumpang. Sementara di bagian depan, Head Lamp ditempatkan sedikit diujung luar sehingga memberikan kesan yang luas.

Bagian belakang Suzuki ErtigaBagian belakang Suzuki Ertiga Kombinasi desain center dan ban yang kuat memberi kesan body bawah yang kokoh. Tampilan belakang dipertegas dengan integrated spoiler yang sporty. Lampu kombinasi belakang yang besar dan berkesan mewah.

Jagoan baru Suzuki di kelas MPV ini didukung performa NVH (Noise, Vibration, Harshness). Artinya, Ertiga telah dilengkapi dengan perlengkapan anti-bising yang telah lulus uji kebisingan dengan cara mengidentifikasi sumber dan tingkat kebisingan dari luar kendaraan seperti suara roda, suara angin dan lain-lain dimana tes ini dilakukan dengan menggunakan berbagai macam sensor mikrofon.

Selain itu, Ertiga juga sudah dilengkapi dengan perlengkapan anti-getar yang sudah lulus uji dengan cara mengukur getaran dan tingkat guncangan ban dan mesin pada saat dikendarai di berbagai kondisi jalan sehingga tercipta ruang kabin Ertiga yang nyaman dan senyap.

"Material anti korosi juga digunakan pada bagian bawah badan kendaraan. Untuk meningkatkan ekonomi bahan bakar, aerodinamis juga menjadi salah satu kunci, sehingga kami menguji aerodinmasi berulang kali untuk memaksimalkan karakter aerodinamis tersebut," ungkap Toshikatsu Hibi, Chief Engineer Vehicle Line II SMC.

Mesin dan Suspensi

Ertiga dibekali mesin bensin berkode K14B berkapasitas 1.4-liter dengan torsi penuh yang compact dan ringan, serta berteknologi VVT yang menghasilkan pembakaran sempurna (Air Intake VVT Mechanism). Mesin bensin ini baru dikembangkan untuk mengeluarkan daya yang mumpuni dengan tenaga maksimum 70kW pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm/4.000 rpm, yang membuat Suzuki Ertiga tetap bertenaga meski dengan muatan penuh.

Mesin Suzuki ErtigaMesin Suzuki Ertiga

Air intake yang dilengkapi dengan proses dan mekanisme VVT yang mengontrol Valve Timing secara optimal dan mengurangi gesekan (friction), sehingga meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Sejak putaran 1.500 rpm mesin sudah dikondisikan supaya bergerak diputaran 77% dari putaran maksimum sehingga mesin ini menjadi lebih mudah untuk ditangani.

Sementara tata letak Front Wheel Drive/ FF (FF Layout) memastikan stabilitas berkendara dan hemat konsumsi bahan bakar. Karena letak mesin Ertiga berada di bagian depan dan menggunakan sistem front wheel drive, maka jumlah komponen perangkat transmisi dan penggerak yang digunakan pun menjadi lebih sedikit, sehingga berat kendaraan menjadi lebih ringan, menekan energy loss dari transmisi dan berkontribusi pada peningkatan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Lantaran berat mesin bertumpu pada roda penggerak, menjamin stabilitas berkendara dan meningkatkan Track Application. Penempatan mesin secara horizontal menghasilkan ruang yang lebih lega dan mewujudkan paket/kemasan dengan tingkat efisiensi tinggi.

Lanjut ke suspensi. Ertiga mengaplikasi diameter stabilizer joint pipe pada suspensi depan (MacPherson Struts with coil springs) besar guna memastikan mobil tetap dapat dikendalikan dengan mudah, menjamin durabilitas dan rigiditas yang baik saat dikendarai meskipun ditumpangi oleh banyak orang. Sementara suspensi belakang (Torsion beam with coil springs) menggunakan Hub Bearing berkapasitas besar.

Kombinasi ini menghasilkan kenyamanan dalam berkendara dan kendaraan tetap dapat dikendarai dengan mulus meskipun berjalan dalam kecepatan tinggi dan melewati jalan dalam berbagai kondisi. Selain itu struktur suspensi pada High-speed Cornering mengurangi akibat perputaran body (body rolling effect), sehingga menimbulkan ketenangan dalam berkendara (safe drivability).

Penggunaan baja bertekanan tinggi (high tensile steel) pada posisi-posisi tertentu dilakukan untuk mengoptimalisasi material dan struktur penguatan. Rigiditas Body dan berat kendaraan yang semakin ringan karena pengurangan penggunaan komponen yang tidak diperlukan, menjamin stabilitas berkendara pada saat berat kendaraan bertambah dikarenakan kendaraan dipenuhi oleh penumpang dan barang bawaan.

Fitur keamanan

Meski berharga kompetitif, bukan berati model ini minim fitur keamanan penumpang dan berkesan murahan. Ertiga sudah mengadopsi beberapa peranti keselamatan penting. Body Ertiga memiliki tingkat rigiditas/kekerasan yang tinggi karena menggunakan High Tensile Steel pada rangka utama (main frame)-nya.

Selain itu, pada masing-masing pintu juga dilengkapi dengan Side Door Impact Beam yang berfungsi untuk menahan penumpang saat terjadi benturan keras dari arah samping. Khusus tipe GX, sudah dilengkapi dengan airbags untuk mengamankan pengemudi dan penumpang di kursi depan serta ABS + EBD.

Suzuki Ertiga menawarkan 8 warna pilihan menarik, yakni serena blue metallic, silky silver metallic, cool black metallic, burgundy red pearl, peral white, graphite grey metallic, dusky brown metallic, dan radian red pearl. Ertiga hadir dalam tiga varian bensin, yakni tipe GA yang dijual Rp 143 juta, tipe GL yang dilabeli harga Rp 153 juta, serta kasta tertinggi varian GX dengan banderol Rp 165 juta on the road Jakarta.

"Ertiga adalah gambaran impresi kekuatan. Suzuki Ertiga kendaraan yang compact dan mempunya getar kehadiran yang kuat di sini," tegas Matsushima.

Dengan kelebihan fitur dan harga kompetitif, hati dan pikiran Anda tergetar untuk memiliki Ertiga?

LIHAT GALERI FOTO SUZUKI ERTIGA

(kpl/nzr/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024