Sabtu, 2 Februari 2013

Suzuki Ertiga yakin makin laris

Suzuki Indomobil Sales yakin bahwa MPV Ertiga akan semakin laris di tahun 2013 ini. Indikasinya berangkat dari penjualan yang meningkat signifikan walau baru saja meluncur pada pertengahan tahun lalu.

Menurut catatan, Ertiga yang pada tahun lalu saja baru memiliki tiga tipe terjual 26.196 unit hingga Oktober 2012.

"Kalau ditanya apakah Suzuki Ertiga jadi backbone penjualan Suzuki di tahun 2013, jawabnya iya. Kenapa jadi backbone di 2013? Karena melihat potensi pasar Ertiga yang sangat besar, dan konsumen mulai banyak yang memilih Ertiga, saya rasa tahun ini Ertiga akan tetap bertambah besar," yakin Endro Nugroho selaku 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Keyakinan itu juga dituai dari status penjualan Ertiga yang bebas diskon jika dibanding kompetitornya di segmen low-MPV, Avanza-Xenia.

"Potensinya sangat besar, dan yang paling penting Ertiga menjadi fenomenal. Sejak Mei, dan dilaunching dan masuk pasar volumenya selalu naik. Di kelas entry level, di low MPV, kami adalah satu-satunya produk yang tanpa diskon selama 9 bulan," ungkap Endro.

Suzuki Ertiga di POS 2012

Suzuki Indomobil Sales yang mengaku melakukan survei pun mendapati bahwa konsumennya puas dengan produk MPV yang kali pertama diperkenalkan di India ini.

"Berdasarkan survei kami, semua konsumen yang sudah memiliki Ertiga mengaku merasa puas. Itulah mengapa kami yakin Ertiga akan tetap jadi backbone. Kami berjuang untuk memenuhi permintaan (Ertiga) yang banyak ini, kami berusaha keras untuk memenuhi. Minimal 5.000 unit perbulan kita bisa," tutupnya.

Target market share Ertiga di kelas low MPV pun cukup besar. Dengan melihat prediksi Gaikindo, angka yang dibagi dari kue penjualan di segmen terlaris tersebut mencapai 16 persen.

Model terlaris dari Januari sampai akhir Oktober 2012 tahun lalu sendiri memang masih dipegang oleh Toyota Avanza dengan 157.189 unit atau 17 persen dari total penjualan mobil di Indonesia yang kala itu baru mencapai 923.132 unit (kini lebih dari 1,1 juta unit).

Toyota Avanza di peringkat pertama, sementara Daihatsu Xenia terjual hingga 61.532 unit.

(kpl/nzr/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters