Senin, 23 April 2012

Tampil lebih komplit, Suzuki Ertiga pede tantang Avanza - Xenia

Setelah menjadi isu hangat dalam beberapa bulan terakhir, Suzuki Ertiga akhirnya resmi mengaspal di Indonesia setelah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkannya di hotel Grand Melia, Jakarta, Minggu (22/4).

Ertiga merupakan mobil penumpang terbaru dengan tiga susun tempat duduk. Untuk pasar Indonesia, Suzuki ditawarkan dalam tiga varian, yakni tipe GA yang dijual Rp 143 juta, GL dibanderoli harga Rp 153 juta, dan model tertinggi GX berharga Rp 165 juta on the road Jakarta.

"Kebutuhan pasar Indonesia atas mobil dengan tiga susun tempat duduk sangat tinggi sehingga kami yakin sasaran kami tepat dengan meluncurkan mobil ini," kata Toshiro Suzuki, Representative & Director Executive Vice President Suzuki Motor Corporation (SMC) dalam bahasa Jepang.

"Sama seperti produk-produk Suzuki yang diperkenalkan ke masyarakat Indonesia selama puluhan tahun, saya yakin Ertiga akan memberikan kepuasan tersendiri bagi masyarakat Indonesia," tambahnya.

Dengan mengambil platform pada Suzuki Swift, Ertiga diklaim sebagai genre baru di kelas MPV yang siap memberi kejutan pasar low MPV yang selama ini dikuasai Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Di samping keunggulan harga yang sangat kompetitif, juga memiliki kelengkapan fitur yang lebih baik dari kompetitornya.

Ertiga merupakan kendaraan dengan tiga baris kursi penumpang yang didesain khusus untuk kebutuhan pasar mobil keluarga Indonesia, dengan pengaturan kursi atau seat arrangement yang sangat efisien sehingga semua penumpang merasa nyaman di masing-masing tempat duduk, performa mesin yang baik serta pemakaian bahan bakar yang efisien.

Pada kursi baris ketiga yang pada umumnya kendaraan cenderung sempit, interior ruang kabin Ertiga diciptakan sedemikian rupa untuk memastikan masing-masing kursi penumpang nyaman dan lega sehingga orang dewasa pun bisa duduk nyaman hingga di kursi baris ketiga.

Secara keseluruhan, desain eksterior mobil penumpang ini terlihat stylish dan elegan, sementara desain interior yang menggabungkan kemewahan, kenyamanan dan fungsionalitas (serba guna).

Suzuki Ertiga memiliki panjang keseluruhan 4.265 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.685 mm, jarak sumbu roda 2.740 mm dengan radius putar 5,2 m. "Selain performa, kemampuan bermanuver menjadi faktor yang penting, dan kami membuat radius putar minimum 5,2 meter untuk manuver yang lebih baik di daerah padat," kata Toshikatsu Hibi, Chief Engineer Vehicle Line II SMC.

Ertiga dibekali mesin bensin berkode K14B berkapasitas 1.4-liter dengan torsi penuh yang compact dan ringan, serta berteknologi VVT yang menghasilkan pembakaran sempurna (Air Intake VVT Mechanism). Mesin ini baru dikembangkan untuk mengeluarkan tenaga yang besar dengan torsi 95 PS dan 130 Nm, yang membuat Suzuki Ertiga tetap bertenaga meski dengan muatan penuh.

Suspensi depan mengaplikasi MacPherson Struts with coil springs yang besar, sedangkan belakang memakai Torsion beam with coil springs menggunakan Hub Bearing berkapasitas besar.

Body Ertiga memiliki tingkat diklaim punya rigiditas/kekerasan yang tinggi karena menggunakan High Tensile Steel pada rangka utama (main frame)-nya. Selain itu, pada masing-masing pintu juga dilengkapi dengan Side Door Impact Beam yang berfungsi untuk menahan penumpang saat terjadi benturan keras dari arah samping.

Khusus tipe GX, sudah dilengkapi dengan airbags untuk pengemudi dan penumpang di kursi depan serta ABS + EBD. Suzuki Ertiga menawarkan 8 warna pilihan menarik, yakni serena blue metallic, silky silver metallic, cool black metallic, burgundy red pearl, peral white, graphite grey metallic, dusky brown metallic, dan radian red pearl.

(kpl/nzr/bun)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters