Test drive keunggulan si unik Subaru XV

Test drive keunggulan si unik Subaru XV

Otosia.com -

Subaru XV adalah sebuah mobil yang diklaim penuh inovasi di dalamnya, baik dari sisi desain ataupun fitur. Subaru XV merupakan SUV (crossover) yang dirakit Subaru di Malaysia, yang kembali diperkenalkan di Bali oleh Motor Image Indonesia (1/3/2013).

Sekaligus memberi kesempatan 27 wartawan Indonesia dan 17 wartawan dari negara Asean lain, yaitu Thailand, Malaysia dan Filipina, untuk mencoba crossover tersebut, salah satunya Otosia.

Awak Media Test Drive Subaru XV

Peluncuran Subaru XV di Bali

Menilik dari desainnya yang unik, Subaru XV diposisikan sebagai mobil crossover (persilangan lintas kelas) antara SUV dan MPV. Secara umum, bentuk mobil ini tidak lazim bagi pasar Indonesia. Namun, jika ditelaah lebih jauh, desain ini adalah hasil akhir dari sebuah penggabungan "dua dunia".

Subaru XV

Di Tanah Air, Subaru XV dijual dengan dua tipe, yaitu 2.0i (Standard) dan 2.0i Premium. Menurut Glenn Tan, Presiden Direktur TC Subaru Indonesia, keduanya dijual dengan harga Rp 338 juta (Standard) dan Rp 359 juta (Premium) on the-road untuk Jakarta.

Ciri khas Subaru XV dibanding kompetitornya, menggunakan mesin boxer (harisontal opposite) dengan titik gravitasi lebih rendah, suara lebih halus plus sistem All-Wheel Drive (AWD) atau selalu bekerja dengan sistem 4x4. Sedangkan transmisi, dipilih CVT Lineartronic 6-speeds dengan paddle shift di belakang setir.

Dashboard dan Roda Kemudi Subaru XV

Dengan sistem tersebut, traksi XV lebih mantap pada berbagai kondisi jalan, di samping itu juga lebih stabil. Konsumsi bahan bakarnya (kombinasi) diklaim, bisa mencapai 12,6 km/liter (7,9 liter/100 km).

Untuk faktor keselamatan, XV memiliki fitur keselamatan yang telah ditingkatkan seperti "ring-shaped reinforcement frame body" yang unik, penggunaan baja elastis juga meningkat karena memungkinkan pengurangan berat bodi, kinerja keselamatan yang lebih tinggi melalui dampak tabrakan dari segala arah.

Selain itu, airbag telah dipasang di kursi depan, lutut pengemudi dan samping. Semua fitur ini dilengkapi dengan VDC (Vehicle Dynamics Control) yang disediakan sebagai standar pada semua model, membuat Subaru XV menjadi sebuah mobil yang sangat aman.

Buritan Subaru XV

Seiring dengan traksi yang dihasilkan Simetrikal AWD, VDC, sebuah sistem kontrol stabilitas, secara otomatis membantu menjaga kendaraan tetap berada di jalan yang diinginkan pengemudi. Sistem VDC juga mencakup sistem kontrol traksi all-wheel all-speed.

Untuk tipe Premium, Subaru memberikan kemewahan dan kenyamanan lebih, antara lain kedua sandaran jok depan, dipasangi layar monitor LCD untuk penumpang belakang. Sedangkan di depan, head unit, menggunakan layar sentuh.

Head unit Subaru XV

Di dashboard, selain panel instrumen di belakang setir, juga disediakan multi-information display (MID) yang berada di bagian tengah dashboard (di atas head unit).

Saat Otosia duduk di belakang kemudinya, langsung merasakan kelapangan sebuah crossover. Faktor lain yang memberi kesenangan berkendara, yaitu aplikasi transmisi CVT Lineartronic 6-speed.

Ruang belakang kemudi

Selain bisa diaktifkan dengan mode "D", transmisi juga dapat menggunakan mode "M" atau manual dengan pengoperasian melalui paddle shift di belakang setir.

Subaru XV yang dijejali mesin Boxer dipadu dengan teknologi simetrikal AWD, yang mengirimkan daya ke semua roda secara bersamaan untuk traksi dan percepatan yang maksimum. Meski dalam keadaan jalan yang licin, tenaga tersebut secara naluriah mengalir ke roda dengan traksi yang terbaik.

Ilustrasi Mesin Subaru XV Crosstrek

Dengan kelengkapan fitur dan teknologi, harga yang kompetitif dan penampilan keren, Subaru XV akan menjadi pilihan menarik. Khususnya bagi mereka yang membutuhkan crossover (SUV) urban, yang lebih sering digunakan di dalam kota.

Subaru XV

(kpl/tr/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024