Senin, 15 April 2013

The Doctor ada di Yamaha Indonesia

Di ajang balap MotoGP, julukan 'The Doctor' melekat pada Valentino Rossi karena kehandalannya di atas motor, serta piawai sebagai seorang rider-developer.

Selain seorang juara dunia MotoGP, Rossi juga pandai menganalisa settingan motor yang dipakainya, sehingga dapat bekerja sama dengan tim mekanik dan memberikan input-input teknis yang berguna. Keistimewaan inilah yang tidak dimiliki oleh pebalap lain.

Keistimewaan ini menular kepada salah satu pebalap Yamaha Indonesia, yakni Sudarmono alias Momon. Pebalap yang sarat pengalaman ini punya rider developer layaknya Rossi.

Momon punya peran penting dalam research and development Jupiter Z1 Racing yang dilakukan Yamaha Indonesia bersama Yamaha Motor Company Jepang. Momon adalah pebalap pertama yang melakukan tes terhadap Jupiter Z1 Racing, tidak tanggung-tanggung, tes tersebut dilakukan di Jepang bersama para insinyur Negeri Sakura.

'The Doctor' Sudarmono alias Momon

Momon dipercaya para insinyur balap dari Jepang untuk berdiskusi sepanjang proses research and development Jupiter Z1 Racing mulai dari Jepang sampai Sentul. “Mungkin karena aku yang pertama kali coba Jupiter Z1 Racing” ujar pebalap asal Gunung Kidul, Yogyakarta ini merendah. Tanpa bermaksud melupakan peran besar Sigit PD dan Rey Ratukore yang juga terlibat dalam proyek ini.

Momon kerap mendapat pelajaran berharga saat bekerja sama dengan Tim asal Negeri Sakura ini. “Mekanik Jepang itu selalu mendata dan mencatat. Jadi, cara setting yang benar harus melalui tahapan," jelas Momon.

Dari keterlibatannya dalam research and development Jupiter Z1 Racing ini, membuahkan prestasi yang membanggakan di Indoprix 2013 Seri 1 di Sirkuit Karting Sentul. Ia memecahkan rekor catatan waktu tercepat kelas 125 cc dari 57,8 detik menjadi 57,31 detik saat kualifikasi.

So, sebuah kebanggaan jika Momon punya julukan yang sama dengan Valentino Rossi, yakni 'The Doctor'. Ini semua berkat peran serta Momon sebagai rider-developer dalam research and development Jupiter Z1 Racing. Semoga keberhasilan Rossi sebagai juara dunia MotoGP bisa menular dalam diri Momon. Amin!

(kpl/tr/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters