Selasa, 14 Agustus 2012

Tips Mudik Aman Untuk Rider Ala TOP 1

Kegiatan mudik merupakan kegiatan wajib dan merupakan tradisi tahunan bagi para  penduduk Ibukota setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.  Perjalanan panjang dengan kendaraan pribadi tentu harus dengan persiapan yang cukup terutama kondisi fisik,juga kondisi kendaraan anda, hal ini guna  menciptakan  rasa aman dan nyaman selama perjalanan. Nah,bagi anda yang memilih mudik tahun ini dengan ber-sepeda motor,berikut ada tips yang bisa digunakan sebelum mudik dimulai :

A.    Persiapan sebelum berangkat Mudik 1.    Persiapkan mental dan fisik anda. Berdoa dulu sebelum berangkat agar perjalanan kita selalu dalam lindungan Tuhan YME, tidur yang cukup (minimal 6 jam) agar badan selalu fresh diperjalanan dan sebisa mungkin konsumsi vitamin tambahan untuk kebugaran tubuh anda, bawa makanan kecil dan minuman mineral,serta obat-obatan. 2.    Persiapkan Perlengkapan dan pakaian berkendara. Gunakan helm SNI yang menutupi seluruh wajah,lalu gunakan jacket yang tebal yang dapat melindungi tubuh kita dari angin tetapi tetap nyaman ketika digunakan saat siang hari.Jangan lupa gunakan juga sarung tangan, celana panjang, sepatu, jas hujan, dan rompi motor. 3.    Cek kondisi sepeda motor. Sebelum berangkat,cek kondisi motor kita,mulai dari cek kaki-kaki (tekanan udara disesuaikan dengan beban, velg, suspensi, kembangan ban), kemudi (pastikan kemudi dalam keadaan bebas), lampu/kelistrikan dan klakson (pastikan mereka berfungsi sebagaimana mestinya), dan ini yang paling penting, cek oli mesin dan oli rem (gunakan pelumas sintetik untuk motor anda yang tahan terhadap kondisi perubahan suhu yang ekstrim selama perjalanan. Gunakan pelumas TOP 1 Action Matic untuk motor yang berjenis matic, atau TOP 1 Action Plus untuk motor yang bukan matic. Untuk lebih jelasnya bisa cek di www.lubematch.com . Agar tarikan motor menjadi enteng saat dikendarai,bisa menggunakan produk spare part kita – Busi Duration,dengan teknologi Double Iridium membuat tarikan motor menjadi enteng layaknya motor Racing. 4.    Terakhir, Kenyamanan berkendara. Jika berboncengan; sebisa mungkin sepeda motor hanya ditunggangi dua orang sesuai peraturan pemerintah dan keselamatan, orang yang diboncengi harus memakai perlengkapan dan pakaian seperti pengendara, tidak membawa barang-barang berlebihan, informasikan ke pembonceng agar duduk dengan posisi yang baik. B.    Saat di Perjalanan 1. Sebelum perjalanan mulailah dengan berdoa agar setiap perjalanan yang kita tempuh selalu dalam perlindungan Tuhan YME. 2. Gunakan baju dan jaket yang nyaman saat berkendara. 3. Selalu taati peraturan lalu lintas selama diperjalanan,agar perjalanan kita tertib dan lancar. 4. Menyalakan lampu kendaraan pada siang atau malam hari

5. Jangan membawa barang berlebihan, dan meletakkan barang dekat dengan stang stir, karena akan mempengaruhi keseimbangan berkendara kita. 6.  Jangan paksa kemampuan motor Anda di atas kemampuan rekomendasi perusahaan. 7. Ketika diperjalanan, jangan mudah  terbawa emosi terhadap pengendara lain, karena akan berakibat fatal dan dapat merugikan banyak pihak. Ada pepatah lama “Alon-alon asal kelakon” – Biar lambat yang penting selamat. Ingat Tujuan anda mudik adalah untuk bertemu dan berkumpul dengan sanak saudara ,bukan untuk balapan dijalan.

8. Bila mengendarai saat puasa, atur ritme perjalanan. Bila kondisi panas dan lelah jangan ragu istirahat. 9. Isi bensin kembali di SPBU terdekat saat penunjuk bensin berada di posisi seperempat mendekati habis, karena kita tidak tahu seberapa jauh lagi pom bensin di depan. 10. Buat perjalanan mudik Anda sebagai perjalanan rekreasi yang menyenangkan, sehingga badan dan pikiran akan selalu rileks.

Selamat mudik lebaran, Drive Safe – Save Lives.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters