Senin, 8 Oktober 2012

TOP 1 GELAR GRANDFINAL “SMK ATTACK - SKILL CONTEST 2012” DI YOGYAKARTA

PT Topindo Atlas Asia, distributor resmi pelumas TOP 1 menggelar kontes uji kompetensi dan kewirausahaan di bidang otomotif yang diikuti siswa sekolah menengah kejuruan di seluruh Indonesia.  Puncak kontes uji kompetensi bertajuk “TOP 1 SMK Attack and Skill Contest 2012” dilaksanakan di Gedung Graha Purna Budaya – Kampus Universitas Gajahmada, Yogyakarta hari Selasa, 9 Oktober 2012.  Sebanyak 13 sekolah kejuruan juara di daerahnya yang berasal dari seluruh Indonesia siap bersaing memenangkan kontes komptensi di bidang otomotif “TOP 1 SMK Attack and Skill Contest 2012”. Penyelenggaraan Grandfinal “TOP 1 SMK Attack and Skill Contest 2012” dilakukan bekerjasama dengan Universitas Gajahmada Yogyakarta dengan menghadirkan aktifitas kompetisi kewirausahaan, kontes kompetensi di bidang otomotif, dan seminar mengenai dasar pelumas dan suku cadang otomotif.

Menurut Heri Johan (Direktur Utama PT Topindo Atlas Asia), kegiatan “TOP 1 SMK Attack and Skill Contest 2012” dilaksanakan sebagai bagian dari komitmen perusahaan dan merek pelumas TOP 1 untuk  berperan serta secara  aktif dalam bidang  pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. “Inisiatif pelaksanaan kontes kompetensi ini dilakukan di seluruh Indonesia ini berawal dari keinginan perusahaan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang otomotif di seluruh sekolah kejuruan yang memiliki minat terhadap dunia otomotif.  Ternyata program ini cukup diminati banyak pelajar yang mendorong kami untuk memberikan sebuah ajang positif bagi para tunas-tunas bangsa ini.  Kegiatan TOP 1 SMK Attack and Skill Contest menjadi salahsatu bentuk aktifitas positif PT Topindo Atlas Asia dan TOP 1 bagi para pelajar untuk mengembangkan potensi  pengetahuan para calon mekanik muda terbaik di Indonesia ini melalui sebuah program edukasi dan uji kompetensi bidang otomotif”, jelas Heri Djohan.

Grandfinal  kontes kompetensi di bidang otomotif “TOP 1 SMK Attack and Skill Contest 2012” merupakan 13 juara dari seluruh Indonesia. Seluruh juara tersebut merupakan siswa sekolah menengah kejuruan dengan kompetensi keahlian tehnik kendaraan ringan dan akan hadir didampingi seorang guru pembimbingnya.  Syarat penting  lainnya dari  peserta Grandfinal “TOP 1 SMK Attack and Skill Contest 2012” tersebut adalah berstatus  siswa yang duduk di semester 4 (tahun ajaran 2011-2012). Tiga uji kompetensi para juara ini meliputi:  ujian tertulis, presentasi, dan kontes kompetensi  masalah mesin.  Ujian tertulis berlangsung 30 menit dengan bobot penilaian 20%, sementara untuk presentasi bobot nilainya 30% dan berlangsung 15 menit untuk setiap peserta dengan masalah yang berbeda-beda sesuai hasil  undian. Bobot penilaian  terbesar (50%)  didapat dari uji kompetensi otomotif di lapangan dimana peserta akan melakukan analisa masalah mesin, melakukan pengukuran bongkar pasang mesin, dan melakukan perbaikan masalah mesin.

Sebanyak 13 juara yang merupakan peserta Grandfinal “TOP 1 SMK Attack and Skill Contest 2012” siap bersaing di lingkungan kampus Universitas Gajahmada. Dari Jabotabek sebanyak 3 juara akan hadir di Yogayakarta:  Hendro Agung (SMK Taruna Bangsa Bekasi), Asep Saepudin (SMKN 2 Tangerang), dan Zundi Al Faqih (SMKN 5 Jakarta). Sementara jawara kompetensi mesin otomotif dari Pulau Sumatra menghadirkan David Yulian (SMKN2 Guguk Sumatra Barat), I Gusti Nyoman (SMKN 2 Sekayu Palembang), dan Alvin (SMK YPT Teladan Medan).  Agus Supiadi (SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar), Zein Haidar (SMK Nasional Malang), Fadli Muhammad (SMKN 6 Bandung), Nur Fauzi (SMKN 2 Salatiga) dan Rizky (SMKN 2 Yogyakarta) yang merupakan juara dari kegiatan yang telah digelar di Pulau Jawa. Dari Indonesia Timur, juara uji kompetensi mesin otomotif diwakili  peserta dari Makassar dan Bali: Nurmalik Hamzah (SMKN 5 Makassar) dan  I Wayan Dalem Mahayana (SMKN 3 Buleleng Bali). Kehadiran seluruh peserta ke Yogyakarta mendapatkan dukungan penuh dari PT Topindo Atlas Asia untuk dapat bersaing dalam “TOP 1 SMK Attack and Skill Contest 2012” yang diselenggarakan untuk kali pertama ini.

Selain menggelar Grandfinal kontes kompetensi, “TOP 1 SMK Attack and Skill Contest 2012” juga menghadirkan kompetisi kewirausahaan dan seminar. Peserta kompetisi kewirausahaan dapat diikuti oleh seluruh sekolah kejuruan yang terdapat di Yogyakarta dan sekitarnya. Setiap tim sekolah peserta terdiri dari 3 orang siswa di luar peserta kontes kompetensi akan bersaing untuk mendapatkan konsumen produk pelumas di berbagai lokasi.  Pemenang kompetisi kewirausahaan ditentukan dari hasil penjualan terbesar.  Untuk seminar, peserta akan mendapatkan pengetahuan dasar otomotif, khususnya yang terkait dengan pelumas dan suku cadang dari sejumlah narasumber yang cukup berkompeten. Sejumlah hiburan musik dan parade pameran yang terkait dengan dunia otomotif juga turut memeriahkan acara “TOP 1 SMK Attack and Skill Contest 2012”.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan ajang pencarian talenta mekanik muda di bidang otomotif sebagai salahsatu daya tarik acara untuk kemudian dapat dikembangkan di dunia kerja. “Kegiatan TOP 1 SMK Attack and Skill Contest 2012 ingin mendorong perkembangan kompetensi anak-anak muda kita di dunia otomotif. Sebagai sebuah inisiatif program CSR dari PT Topindo Atlas Asia, kami  berharap kegiatan ini memberikan edukasi yang positif dan dapat menjadi bagian dari pemberdayaan generasi muda di Indonesia. Isu tawuran yang memakan korban dan mencemaskan kalangan orangtua menjadi perhatian kami. TOP 1 SMK Attack and Skill Contest 2012 menjadi salahsatu solusi memberikan aktifitas positif yang berkesinambungan bagi tunas-tunas muda negeri ini. Kami sangat yakin banyak di antara pelajar kita yang pada dasarnya ingin maju dan dapat dikembangkan untuk menjadi sumber daya manusia yang potensial dan kompetitif memasuki era globalisasi”, tambah Heri Djohan.

Di tahun 2012, atas kinerja positifnya PT Topindo Atlas Asia berhasil meraih sejumlah penghargaan.  Penghargaan inovasi Corporate Social Responsbility (CSR) untuk bidang pemberdayaan pendidikan kejuruan di Indonesia menjadi salahsatu pengakuan yang baru saja diraih PT Topindo Atlas Asia dalam Social Business Inovation Awards 2012.  Aktifitas dunia maya juga menghasilkan sebuah penghargaan bagi PT Topindo Atlas Asia yang didapat pada Social Media Awards 2012. (spsmkattack)

[gallery link="file" order="DESC" columns="4" orderby="title"]

TENTANG PT  TOPINDO ATLAS ASIA

PT Topindo Atlas Asia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pelumas dan suku cadang otomotif.  PT Topindo Atlas Asia berdiri di Indonesia pada tahun 1978. Pada tahun 1979, PT Topindo Atlas Asia ditunjuk secara resmi oleh TOP 1 Oil Product Co dari Amerika Serikat untuk menjadi  distributor eksklusif  TOP 1 di Indonesia.  Bersama PT Topindo Atlas Asia, produk TOP 1 menjadi salahsatu pemimpin merek  pelumas  yang banyak diminati pengguna otomotif.  Pengakuan masyarakat atas kualitas dan kekuatan merek TOP 1 bersama PT Topindo Atlas Asia di Indonesia  juga terbukti dari raihan penghargaan yang diperoleh, antara lain: Indonesian Customer Satisfaction Awards untuk kategori pelumas motor dan mobil selama 11 kali berturut - turut,  Indonesia Best Brand Awards 9 kali untuk kategori pelumas motor dan 8 kali untuk kategori pelumas mobil, Indonesia Company Management Awards, penghargaan Superbrand, TOP Brand, World Class Quality Achievement 2102, Social Media Awards dan Social Business Inovation Awards untuk CSR di bidang pemberdayaan pendidikan kejuruan di Indonesia.

Selain sebagai distributor resmi  pelumas TOP 1, di tahun 2011 PT Topindo Atlas Asia juga mengembangkan pemasaran produk  suku cadang otomotif Duration dan  Action 1.  Saat ini Duration menghadirkan produk suku cadang otomotif  berkualitas  yang kerap digunakan masyarakat pengguna otomotif  berupa  ban luar-dalam, aki, busi, filter oli, dan saringan udara, sementara Action 1 juga berkembang di pasar pengguna otomotif dalam produk kanvas rem, gear (rantai motor), shockbreaker, roller, dan  V-belts.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters