Selasa, 4 Januari 2011

TOP 1 SAFETY DRIVING FOR COMMUNITY Seri II

“Drive Safe, Save Lives” Jakarta, 13/03/2010 Untuk mendukung Program Pemerintah dalam meningkatkan keamanan transportasi nasional di tahun 2010, serta memberikan pengetahuan pelatihan mengemudi yang aman, khususnya bagi Komunitas Otomotif di Indonesia, TOP 1 menggelar acara yang bertajuk “TOP 1 - GT RADIAL SAFETY DRIVING FOR COMMUNITY”. Event kedua yang berlangsung pada tanggal 13 Maret 2010 ini, merupakan rangkaian dari 10 (sepuluh) event yang rencananya akan berlangsung di beberapa kota besar di Indonesia, antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali selama rentan waktu 2010 ini, setelah beberapa waktu sebelumnya kegiatan serupa dilakukan di area JIE Expo Kemayoran pada tanggal 27 Februari 2010. “Berkaitan dengan agenda tahunan TOP 1 dan GT Radial tentang “Drive Safe, Save Lives”, untuk memberikan mendukung penuh pada komunitas di tahun 2010 ini, penyelenggaraan kedua event kali ini, merupakan bagian dari 10 (sepuluh) event Safety Driving yang akan digelar oleh TOP 1 dengan menggandeng GT Radial di beberapa kota besar di Indonesia, dengan maksud untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan mengemudi yang aman, nyaman dan ramah lingkungan, khususnya bagi komunitas otomotif di Indonesia” sambut Akmeilani, Brand Activation Officer TOP 1 Indonesia, ketika ditanyakan mengenai maksud dan tujuan penyelenggaraan event Safety Driving ini. Menyambung keterlibatan Forum Komunikasi Keluarga Klub Otomotif atau yang dikenal dengan FK3O dalam acara “TOP 1 - GT RADIAL SAFETY DRIVING FOR COMMUNITY”., dengan antusias Akmeilani menjelaskan, “sebagai induk organisasi komunitas otomotif, FK3O yang membawahi sekitar 85 (delapanpuluh lima) klub otomotif roda 4, FK3O cukup berperan aktif membantu kami mensosialisasikan acara ini dan melibatkan para pengurusnya untuk terjun langsung sebagai organizer acara, serta membantu menghimpun peserta yang notabene adalah para anggota klub yang berada dibawah naungan FK3O” Sementara itu Arijanto Notorahardjo, GM Marketing PT Gajah Tunggal Tbk ikut menambahkan bahwa alasan keikutsertaan GT Radial dalam acara ini adalah juga untuk memperoleh dukungan dan meningkatkan awareness komunitas terhadap GT Radial. "Ini merupakan langkah awal bagi GT Radial untuk berkomunikasi dengan komunitas setelah sekian lama berdiam diri" tambahnya. Dengan membatasi jumlah peserta sebanyak 50 (limapuluh) orang yang berasal dari berbagai komunitas otomotif di Jakarta seperti Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI), Taruna Owners, KCI (Karimun Club Indonesia), Timorer, Panther Mania, Blazer Indonesia Club, dan lain-lainnya, para peserta mengikuti seluruh kegiatan teori & praktek yang terdiri atas materi Safety Driving, Defensive Driving dan Driving Attitude, dasar tehnik kendaraan dan troubleshooting, serta video presentasi yang menyajikan teknik mengemudi yang aman dan nyaman.

Disamping pemberian materi tentang roda yang disampaikan oleh pihak GT Radial, serta perlindungan kendaraan yang dipresentasikan oleh Garda Oto, pengetahuan tentang Lubricant Knowledge mengenai Synthetic Lubricant menjadi salah satu item yang menarik karena serta banyak memancing pertanyaan para peserta seperti kelebihan pelumas sintetik jika dibandingkan dengan pelumas biasa.
“Untuk Tingkat kemurnian, Oli SINTETIK, jauh lebih murni daripada PELUMAS BIASA yang banyak mengandung aromatik dan sulfur. Sementara dari tingkat penguapan Oli SINTETIK esktra rendah jika dibandingkan dengan PELUMAS BIASA yang lebih mudah menguap. Untuk proteksi keausannya, Oli SINTETIK lebih baik daripada PELUMAS BIASA, sementara untuk kestabilan oksidasi, oli SINTETIK 2-5 kali lebih tahan dibandingkan mineral PELUMAS BIASA.” tutur Yulfian, Technical Support TOP 1 – Indonesia, saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para peserta.
“Para pengguna kendaraan harus memperhatikan jenis oli sesuai dengan spesifikasi mesin. Misalnya mobil masa kini seperti Toyota Innova, Honda Jazz, Toyota Yaris, dll, menggunakan oli dengan spesifikasi 10W-40 yang lebih encer. Jika menggunakan 20W-50 yang lebih kental, pastinya akan membuat kerja mesin menjadi berat, karena tarikan tidak maksimal, dan mesin menjadi kasar. Langkah praktis untuk merawat mesin kendaraan agar selalu awet dan menciptakan kinerja mesin agar tampil prima, adalah dengan melakukan penggantian oli memilih spesifikasi yang tepat untuk jenis mobil yang dimiliki, kemudian melakukan penggantian oli secara rutin, serta wajib mengganti filter oli setiap ganti oli, untuk membuang timbunan kotoran dan kerak hasil sisa pembakaran. Kenapa? Sebab didalam filter oli masih ada 500ml – 1000ml oli bekas. Artinya, jika 4 liter oli baru dicampur dengan 1 liter oli bekas di dalam filter oli, akan menghasilkan 5 liter oli bekas. Jadi sebaiknya, agar keawetan mesin lebih terjaga, filter oli wajib diganti." tutur Yulfian menjelaskan. Pengetahuan sederhana kepada rekan-rekan komunitas juga diberikan oleh Yulfian dalam presentasinya, untuk memilih pelumas yang baik untuk yang baik & tepat. “Hal ini tidak boleh disepelekan, karena jika tidak diperhatikan, akan berakibat fatal dan menyebabkan kerusakan. Tentang keunggulan produk TOP 1 dalam membuat kinerja mesin lebih halus bertenaga dan akselerasi menjadi maksimal, kehandalan pelumasan TOP 1 dalam pelumasan membuat mesin lebih awet, terawat dan terlindungi” sambung Yulfian.
Pada acara “TOP 1 - GT RADIAL SAFETY DRIVING FOR COMMUNITY”. para pesertapun diberikan kesempatan untuk dapat mencoba secara langsung teknik yang telah mereka pelajari kelas, untuk diterapkan di lapangan dengan menggunakan training car yang telah disediakan oleh panitia, dibawah bimbingan Fitra Eri -Direktur Safety Driving Institute- yang juga Pembalap Nasional dibawah bendera TOP 1 dan GT Radial, terjun langsung sebagai instruktur, dan turun langsung untuk mendemonstrasikan kemampuannya di depan para peserta.
Beberapa materi yang diuji cobakan antara lain adalah Seating Position, Car Control, Panic Braking serta Emergency Manuver. Secara keseluruhan, acara yang dimulai pada pukul 09.00 dan berakhir pukul 17.00 inipun terkesan padat, karena materi yang dibawakan cukup banyak, seperti Driving Skills (Pre – trip inspection, Principles of safety driving, Emergency situation, Practice session), Community Driving (Convoy Driving, Long distance Driving, Managing Journey) serta Car Technology (Car features knowledge, Do’s and Don’ts, Troubleshooting, Fuel Saving), dan ditutup dengan penyerahan Sertifikat bagi para peserta. Ciptakan kenyamanan di jalan raya. “Drive Safe, Save Lives”
(ipg/Marcomm)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters