Jumat, 10 Januari 2014

Toyota Altis Indonesia, mesinnya lebih kecil dari Malaysia

Brosur Toyota All-New Corolla Altis di Malaysia sudah beredar. Dari informasi tersebut, terlihat bahwa pilihan mesin yang dipasarkan lebih besar dari yang dijual di Indonesia.

Jika Indonesia hanya menawarkan dua tipe dengan mesin 1,8 liter, maka Malaysia punya tiga tipe dengan pilihan 1,8 liter dan 2,0 liter. Kenapa mesin Indonesia, khususnya untuk tipe teratas, lebih kecil?

"Bayangin aja, dengan ditambah lebar, panjang segala macam, sama atau lebih irit sedikit. Jadi ngapain kita ambil yang 2,0 liter. Kan ini dulu mobil yang paling fantastic, dan fuel efficient, fuel economic," beber Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM)

All-New Toyota Corolla Altis 2014

Pilihan yang sama juga dijumpai pada Toyota All-New Corolla Altis di Thailand dengan pilihan mesin 2,0 liter atau 2.000 cc. Namun karena power yang dihasilkan tidak jauh beda, maka Toyota Astra memilih mesin kecil dengan mengedepankan faktor irit bahan bakar tadi. Menurutnya, tren sekarang adalah mesin kecil dengan tenaga besar.

"Thailand 2,0 sama 1,8, dan lihat powernya waktu tes di Jepang, udah kita minta 1,8 saja. Powernya sama, segala macamnya sama. Kan tidak selalu di dunia, orang dengan konsep power yang gede maka enginge juga gede. Engine kecil dengan power gede yang (lebih menarik)," ungkapnya.

All-New Toyota Corolla Altis 2014

All-New Corolla Altis sendiri di Malaysia disebut akan hadir dengan tipe 1.8 E, 2.0 G, dan 2.0 V. Sementara itu, konsumen Indonesia diberi pilihan yang sama-sama 1.800 cc tetapi hanya dibedakan dengan G (manual) dan V (matic). Corolla Altis G manual Rp 372,1 juta, sedangkan yang V otomatis Rp 407 juta.

(kpl/why/sdi)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters