Sabtu, 6 April 2013

Toyota Etios bersolek di 2014, secepat itukah?

Belum lama Toyota Etios dengan nama tambahan Valco menapakkan kakinya di Indonesia, sedangkan sebelumnya ia sudah lama berkiprah di aspal India, Liva.

Hatchback yang bisa dikatakan memiliki harga terjangkau ini mulai mendapat tanggapan bagus di publik kita. Pasalnya, Toyota menawarkan sebuah city car dengan desain dan fungsionalitas prima lengkap dengan fitur-fitur unggulan untuk pengendara daerah perkotaan, sebagai jawaban atas kemacetannya.

Nampaknya publik kita harus secepatnya tahu bahwa keberadaannya di tahun 2014 mendatang akan mengalami perubahan. Memang terlihat sedikit prematur, tapi itu bukan suatu hal yang aneh dalam dunia industri otomotif, bisa juga sebagai strategi pemasaran yang diambil pabrikan.

Faktanya, kabar ini beredar santer di negeri Bollywood-India, sumber Toyota di sana membenarkan adanya perombakan lumayan besar pada sosok Etios (Liva-Valco) hatchback di 2014 atau awal 2015 mendatang.

Ini lantaran perkembangan pasar Etios hatchback di India tidak cukup bagus. Hal tersebut tidak terlepas dari fitur dan desain Etios, sebagai mobil murah, yang masih biasa sedangkan biaya produksi tidak lagi berimbang dengan hasil penjualannya, demikian dilansir oleh motorbeam 3 April 2013.

Maka dari itu pihak Toyota global, Jepang, akan serius mendandani Etios hatchback ini dari segi eksterior dan interior termasuk teknologi dan fitur-fiturnya. Mengacu pada pasar kendaraan anak muda, penyesuaian tersebut menjadi basic focus-nya.

Tampilan akan dibuat lebih sporty, agresif dan sedikit 'liar' khas passion anak muda zaman sekarang. Dari segi mesin pun pihaknya sudah membuat rancangan paling mutakhir yang menawarkan performa lebih agresif namun tetap efisien bahan bakar.

Di samping itu ternyata pihaknya juga sedang mempersiapkan kembaran Etios hatchback untuk pasar tahun 2016 mendatang. Wow, seperti apa lagi kelak sosok, performa serta kemampuan daya belinya?

So, bagaimana dengan Etios di Tanah Air ya? Apakah juga akan segera mengikuti jejak Toyota global dan India. Tampilan dan fitur yang sporty (Valco) kini, akan lebih agresif dalam waktu dekat? Kita nantikan saja.

(kpl/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters