Selasa, 15 Januari 2013

Toyota Etios mungkin 2 bulan lagi

Citycar Toyota Etios atau yang juga dinamai Toyota Liva dikabarkan akan meluncur dalam hitungan bulan ke depan. Hal ini mengonfirmasi ulang info sebelumnya bahwa ia akan dipersiapkan luncur pada Januari ini.

Namun sumber yang mengetahui rencana tersebut mengatakan bahwa waktu peluncuran Etios ini sendiri bergantung pada model lain yang sekiranya akan didahulukan oleh Toyota.

Toyota Etios Liva

"Nunggu satu model dulu baru Etios meluncur. Kisarannya bulan Maret, mudah-mudahan," ujar sumber tersebut.

Toyota Etios sendiri direncanakan akan dirakit di Indonesia. Rencana besar Toyota untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi salah satunya akan berimbas pada perakitannya.

Toyota Etios Liva

Etios kabarnya masih akan masuk dalam skema program mobil yang sedang digodok pemerintah. Jika Agya-Ayla di kelas murah ramah lingkungan, ternyata ada poin lain yang belum begitu terkuak dari pemerintah, yakni skema mobil beremisi rendah dengan rencana insentif 0 persen untuk beban Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Toyota Etios Liva

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam keterangannya mengatakan bahwa Toyota dalam beberapa waktu ke depan akan menyiapkan model-model untuk diekspor ke beberapa negara, termasuk kawasan ASEAN dan lebih jauh Asia, hingga Afrika dan Australia.

Toyota Etios Liva

Dalam paparannya, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Johnny Darmawan menyampaikan bahwa dari rencana Rp 26 triliun, sebagai tahap pertama, investasi sebesar Rp 13 triliun akan dikeluarkan dalam waktu 5 tahun ke depan.

Dana tersebut berasal dari enam perusahaan, yakni Toyota Motor Corporation, Daihatsu Motor Co Ltd, Denso Corp, Toyota Auto Body Co Ltd, Toyota Tsusho Corporation (TT), dan Aisin Seiki Co Ltd(AS).

Toyota Etios Liva

Soal mesin, Etios yang sudah dijual di India menggunakan mesin tiga silinder 1.200 cc DOHC bertenaga 80 hp pada 5.600 rpm dengan torsi 104 Nm pada 3.100 rpm. Aspek efisiensi bahan bakar yang tepat guna, yakni VVT-i, bakal jadi senjata bagi Etios, terutama dibanding rival-rivalnya.

(kpl/why/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters