Rabu, 20 Februari 2013

Toyota Indonesia 4 besar penjualan Global

Toyota berhasil capai rekor penjualan di atas 400.000 unit di pasar otomotif nasional sepanjang 2012. Menempatkan Toyota Indonesia di posisi empat besar sebagai kontributor terbesar penjualan Toyota global, di luar pasar Jepang.

Total penjualan Toyota global mencapai 8.717.375 unit. Angka tersebut berasal dari pasar domestik Jepang, sebanyak 1.692.228 unit, sedangkan sisanya 7.025.147 unit dari penjualan global.

Dalam penjualan Global Amerika Serikat sebagai pasar terbesar Toyota sepanjang tahun lalu mencapai total penjualan 2,067 juta unit. Adapun, posisi lima besar diikuti oleh China sebanyak 840.467 unit, Thailand 516.086 unit, Indonesia 405.414 unit, dan Arab Saudi 300.595 unit.

Sementara itu, posisi enam hingga sepuluh penjualan Toyota global ditempati oleh Australia sebanyak 225.015 unit, Kanada 192.058 unit, India 171.907 unit, Rusia 169.282 unit dan Taiwan 123.412 unit.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, menyebutkan pencapaian yang dicatatkan Toyota Indonesia sepanjang tahun lalu akan membuat posisi Indonesia semakin diperhitungkan di tataran pasar otomotif global.

“Pencapaian gemilang sepanjang tahun lalu semakin bermakna karena posisi Indonesia dianggap semakin penting bagi Toyota global. Sehingga, Toyota Indonesia mendapatkan kepercayaan dari principal Toyota Motor Corporation. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk komitmen investasi hingga Rp 13 triliun dalam 5 tahun mendatang,” kata Johnny.

Toyota kedepan cukup optimistis untuk terus turut berkontribusi dalam peringkat teratas penjualan Toyota global. Hal itu didukung sejumlah faktor seperti populasi penduduk yang besar, pertumbuhan ekonomi yang mendorong peningkatan jumlah middle class segment, serta image Toyota yang semakin meningkat di pasar mobil domestik. Semua berkat kepercayaan dan kesetiaan pelanggan.

(kpl/prl/rd)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters