Jumat, 14 Maret 2014

Toyota Indonesia siap bantu kembangkan sektor pertanian pulau dewata

Di sela - sela rangkaian lawatan ke tanah kelahirannya, Bali, Direktur PT Toyota Astra Motor, I Made Dana M. Tangkas, menghadiri acara pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Budidaya Jahe Organik di Lahan Sempit, bertempat di Sekolah Menuju Kemakmuran (SMK) Jagat Kerta, Buleleng, (10/3).

Acara ini merupakan kerjasama antara Asosiasi Petani dan Produsen Pupuk Organik (AP3O) Bali dengan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Bali.

Dalam sambutannya, Made Dana mengatakan, bahwa Bali sangat subur, penuh potensi dan kekayaan alam yang melimpah ruah. Saat ini Bali banyak mengimpor kebutuhan jahe dari India dan Malaysia. "Melihat kondisi ini, sebagai putra Bali, saya merasa tergerak membantu tanah kelahiran agar mandiri pangan, energi, pariwisata dan ekonomi", ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Vice President Toyota Motor Asia Pacific ini mengatakan "Sistem ekonomi berkelanjutan perlu dilakukan agar Bali nantinya menjadi daerah pemasok kebutuhan pangan, dan tidak lagi dipasok oleh daerah lain ataupun Negara lain. Serta kekayaan alam dan budaya harus kita jaga bersama, karena merupakan aset, sehingga Bali akan terus menjadi primadona dan akhirnya kemakmuran akan menjadi milik warga, pengusaha kecil dan menengah serta para petani di Bali," tambahnya.

"Melalui Toyota Indonesia, permasalahan pasca pertanian ini akan coba kami bantu selesaikan, bekerjasama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN), PT Sido Muncul dan relasi terkait", tambah I Made Dana M. Tangkas.

Acara ini dihadiri pula oleh perwakilan dari Bupati Buleleng (Sekretaris Dnas Pertanian dan Peternakan) dan Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Keanggotaan, KADIN Daerah Bali Ir. I Putu Ariya Sedhana, MSi.

Usai membuka acara budidaya jahe tersebut, selanjutnya, I Made Dana M. Tangkas ikut menghadiri peresmian Depo Toyota di Jembrana, Bali yang diresmikan oleh Bupati Jembrana, Putu Arte.

(kpl/tr/rd)

Rekomendasi untuk kamu: