Kamis, 28 Maret 2013

Toyota kalahkan Ford di Selandia Baru

Penguasaan pasar otomotif global menjadi ukuran tersendiri bagi keberhasilan raksasa otomotif. Keberhasilan diraih Toyota New Zealand (TNZ) menjadi merek paling di sukai di Selandia Baru, dibandingkan 41 merek lain yang beroperasi disana. TNZ merayakan kesuksesan, bertahan selama 25 tahun terus menerus menjadi nomor satu di negara kepulauan itu.

TNZ merebut posisi pertama dari Ford tahun 1988. Saat itu selisih penjualan keduanya sangat tipis, hanya 58 unit. Manajemen Ford sangat terkejut dan nyaris tidak percaya sehingga mereka meminta untuk menghitung ulang. “Mereka benar-benar tidak percaya kami di depan mereka,” kata CEO TNZ, Alistair Davis.

Mereka benar-benar yakin telah dilewati Toyota setelah dalam dua tahun kemudian grafik penjualan TNZ melesat eksponensial. Butuh waktu sepuluh tahun bagi Ford untuk kembali membayangi posisi Toyota.

Ford kembali membayangi Toyota tahun 2001 saat Yen melonjak dan dollar melemah. Namun sejak itu, jarak antar keduanya menjauh lagi. Penjualan tahun lalu Toyota juga mencatat rekor penjualan yaitu 22.112 unit dengan market share 21.9 persen, sementara Ford diposisi kedua dengan 11 persen, dirilis Toyota, Kamis (28/03).

Dalam 25 tahun Toyota terus bertahan dengan banyak tantangan. Salah satunya adalah ketika TNZ memutuskan untuk menghentikan produksi mobil yang dirakit local/CKD dan focus menjual mobil CBU. Transisi dari CKD dan CBU berlangsung mulus. Kini mereka mendatangkan utuh dari Jepang, Thailand, Inggris dan Australia.

(kpl/rd)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters