Kamis, 25 April 2013

Toyota penjualan turun, tetap dominasi pasar

Mobil buatan Toyota tidak hanya diminati dalam negeri, dalam segmen pasar global raksasa otomotif satu ini juga menjadi produsen mobil terlaris di dunia pada kuartal pertama tahun 2013. Toyota Motor Corp menyisihkan General Motors dan Volkswagen. Toyota menjual 2.430.000 kendaraan selama periode Januari-Maret, berada lebih tinggi dari General Motors Co di 2,36 juta dan Volkswagen AG 2,27 juta.

Namun Toyota mengalami penurunan 2.2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, terutama sulitnya kondisi di China. Sebaliknya GM naik 3,6 persen dan Volkswagen melonjak 5,1 persen, dirilis Toyota Indonesia, Kamis (25/04). Tahun lalu, Toyota menjual 9,7 juta mobil dan truk di seluruh dunia untuk mengalahkan GM 9.290.000 dan Volkswagen di 9,1 juta.

Secara pengaruh pasar Toyota terimbas sentimen anti-Jepang di China, Hal ini karena sengketa teritorial atas pulau-pulau kecil antara kedua negara. Meskipun situasinya perlahan membaik tapi untuk kembali ke pertumbuhan yang solid masih butuh waktu lagi. Berakhirnya subsidi untuk green car di Jepang juga menyebabkan penjualan domestic di Jepang juga turun.

Penjualan kendaraan triwulan pertama Toyota turun 13 persen di Cina dan turun 15 persen di Jepang, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sementara di Amerika Utara naik 7 persen, serta di banyak negara Asia, di mana Toyota relatif dominan.

Artikel Terkait

Selama 3 Bulan Toyota Jual 3.172 Sedan

Selama Maret Honda Jual 11.497 Unit

Toyota Camry Terjual 296 Unit

Orang Indonesia Masih Minati Toyota Yaris

(kpl/rd)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters