Jumat, 13 April 2012

Toyota Yaris minim masalah

Banyak orang berasumsi jika sebuah mobil sudah memiliki jumlah angka kilometer yang besar akan mengalami banyak masalah. Memang asumsi ini tidak salah 100%, pada kenyataan juga banyak dijumpai kendaraan dengan kilometer besar sudah mengalami banyak masalah.

Sering kali orang menjual mobil bekas akan memperkarakan angka kilometer atau jarak pemakaian kendaraan. Dengan seringnya hal ini terjadi, maka semakin banyak orang melakukan tindakan yang kurang menyenangkan untuk mengakali calon pembeli dengan menurunkan angka kilometer agar terlihat jarak pemakaiannya sedikit.

Sebenarnya jarak pemakaian banyak atau tidaknya itu tidak pengaruh banyak selama pemilik kendaraan mampu merawat dan memperlakukan kendaraan dengan sebenarnya. Sering melakukan service berkala, penggunaan bahan bakar yang sudah sesuai standar pabrik dan juga menjaga kebersihan mobil maka bisa dijamin walau jarak pemakaian besar kesehatan mobil pasti akan tetap selalu oke.

Seperti halnya pengalaman salah seorang pemilik Toyota Yariskeluaran tahun 2007, yang ditemui di sebuah tempat pencucian modil di Jawa Timur. Walau mobilnya sering dipakai melakukan perjalanan jauh, namun mobilnya masih tetap terlihat segar dan sedap dipandang. Ternyata pria yang bergerak dalam bidang akademis itu rutin mencucikan mobilnya dalam satu minggu bisa 2 - 3 kali.

Diketahui Toyota Yaris keluaran tahun 2007 ini sudah terpakai hingga 100.000 km lebih. Tapi kami sempat menanyakan sering tidaknya mengalami gangguan atau masalah pada mobil ini, bapak ini mengatakan mobil ini minim sekali dengan masalah dan tetap irit BBM selam rajin melakukan perawatan.

Mobil yang selalu menggunakan bahan bakar pertamax ini ternyata memiliki performa mesin yang tangguh. Seperti kata bapak yang namanya kami rahasiakan ini, "Mobil varian lama Yaris dibandingkan dengan keluaran baru memang ada perbedaan dari segi performa mesinnya, sebab saya sempat mencoba Yaris keluaran 2011 milik teman, dalam akselerasi varian baru terasa lebih cepat dibandingkan milik saya. Milik saya akselerasi dari 0 - 60 km/h bisa mencapai 6 detik, tapi Yaris 2011 bisa mencapai 5.2 detik."

Selama sering merawat mobil dengan benar maka masalah akan jauh dari mobil kesayangan kita dan hal ini tentunya berlaku untuk setiap jenis kendaraan. Jika pemakaian kendaraan banyak paling sering timbul masalah adalah ausnya bagian join, ban, sistem rem dan juga beberapa sistem hidrolik bagian bagasi.

(kpl/vin)

Rekomendasi untuk kamu: