Jumat, 21 Maret 2014

TS040 Hybrid 2014 siap terjun di Le Mans Prototype

Toyota menyiapkan mobil balap terbaru yang diberi nama TS040 Hybrid 2014, dilengkapi dengan beragam teknologi baru, untuk bersaing di kelas paling bergengsi, Le Mans Prototype. Di kelas inilah para peserta diuji untuk menghasilkan mobil balap paling kencang, paling kuat, paling efisien sedunia.

Toyota Motorsport GmbH (TMG) berada dibalik seluruh proses desain, pengembangan, produksi hingga pengujian. TMG juga yang mengembangkan sistem sasis baru yang bisa disebut sebagai evolusi besar dari TS030. Model baru ini juga mewarisi keunggulan aerodinamis dan teknologi bobot ringan.

TMG mengandalkan teknologi mesin hybrid bensin, mesin V-8 yang dikombinasikan dengan motor listrik. Inovasi yang dilakukan adalah memasang motor listrik di gardan roda depan, mobil menjadi bersistem penggerak empat roda.

Untuk roda depan Toyota memilih motor buatan Aisin dan pada roda belakang buatan Denso. Keempat roda ini tidak sekedar menjadi laju kecepatan, tapi sekaligus generator untuk membangkitkan energi listrik saat melakukan pengereman. Sedangkan untuk pendahulunya TS030 hanya bertumpu pada gerak roda belakang saja.

Penampilan perdana TS040 Hybrid dijadwalkan dilakukan di sirkuit Paul Ricard, Prancis pada 28 - 29 Maret. Mengenai hasil ketangguhan mobil ini, kita tunggu saja selesai ajang balap tersebut.

(kpl/rd)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters