Minggu, 2 Maret 2014

Uji SNI, tali Helm jangan sampai putus

Sejumlah material helm diharuskan memenuhi syarat yang diterpkan dalam SNI. Tatap Firdaus, Supervisor Marketing PT Putra Prima Glossia selaku pemegang merek Cargloss AHRS, mengatakan bahwa plastik batok helm dan styrofoam adalah salah satunya. Pengujian pun sampai pula ke bagian tali.

"Pin strap, tali untuk penahan agar helm tidak terlepas saat terjadi kecelakaan. Ini termasuk yang diuji dalam SNI," ujar Tatap Firdaus. Dia lalu melanjutkan bahwa ada sejumlah faktor yang memungkinkan tali helm terlepas.

Cargloss AHRS Helmet

"Terlepas itu ada beberapa kemungkinan. Bisa karena tidak dipasang saat helm dikenakan. Bisa juga karena talinya putus. Dia tidah boleh memuai ataupun putus," tambahnya.

Helm dengan kualitas terbaik tidak hanya didasari pada penilaian kualitasnya saat pengujian benturan. Bahan-bahan yang digunakan memang mengutamakan keselamatan.

Soal kenyamanan juga diperhatikan, bahkan untuk yang remeh seperti pemilihan bahan busa pelapis antara styrofoam dan kepala. Dari bagian ini pula, ukuran yang tepat bisa diketahui.

Sementara itu, kaca visor helm tak lagi menggunakan bahan akrilik, melainkan polikarbonat.

(kpl/why/sdi)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters