Kamis, 14 Februari 2013

Valentine, Jokowi luncurkan busway Koridor XII dan waterway

Otosia.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan Transjakarta Koridor XII, Pluit-Tanjung Priok di Halte Fatahillah dan kendaraan air (waterway) Marunda-Muara Baru. Peluncuran TransJakarta Koridor XII dan waterway ini juga bertepatan dengan hari valentine.

Rencana peluncuran Koridor XII Transjakarta (Pluit-Tanjung Priok) sebenarnya pada 100 hari kepemimpinan Joko Widodo dan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama pada 22 Januari lalu. Tetapi, batal dilaksanakan karena kawasan Pluit dan sekitarnya terendam banjir.

"Besok (hari ini) diluncurkan di halte Fatahillah, oleh pak Gubernur, sekitar pukul 10.00 WIB pagi," ujar Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono saat dihubungi wartawan, Rabu (14/2).

Pristono mengatakan Koridor XII memiliki 13 halte, yakni Pluit Selatan, Pakin, Fatahillah, Jayakarta, SMPN 140, Simpang Boulevard Kelapa Gading, Mall Sunter, Danau Agung, Landas Pacu Timur, Mangga Dua ITC, Kalibesar Selatan, Gedong Panjang, dan Pekojan. Selain itu, juga menghubungkan dengan koridor IX (Pinang Ranti-Pluit), I (Blok M-Kota), V (Kampung Melayu-Ancol), dan X (Tanjung Priok-Cililitan).

"Koridor XII ini juga akan melintang sepanjang 23,7 kilometer. PT Biang Lala Metropolitan (BMP) yang menjadi pemenang tender operator Koridor XII akan mengoperasikan 36 bus gandeng di koridor terbaru ini," jelasnya.

Sementara itu, waterway ditujukan untuk memudahkan warga Muara Baru yang mengalami kesulitan akses transportasi menuju Rusun Marunda. Selain itu, waterway ini, dapat menjadi transportasi alternatif warga ibu kota yang selalu bergantung pada moda transportasi darat.

Ada dua unit Kapal jenis kapal kerapu milik Dinas Perhubungan DKI yang akan beroperasi pada tahap awal. Kapal tersebut berkapasitas 25-30 orang per kapal yang akan berjalan dari Marunda ke Muara Baru sejauh 17 km dengan hanya 30 menit. Dermaga apung juga telah disediakan di Marunda, yang terbuat dari fiberglass dan berbentuk seperti puzzle, sehingga bisa dibongkar pasang dan ketinggiannya mengikuti permukaan air.

Selanjutnya, pada tahap berikutnya akan ditambah empat unit kapal untuk jalur Duren Sawit menuju Marunda, Ancol menuju Muara Baru, dan Muara Baru menuju Muara Angke. (mdk/nur/hhw)

Newsletters