Senin, 14 Januari 2013

[VIDE] Honda: Ramah Lingkungan Lewat Teknologi IMA

Kalau saja ujung knalpot berada di depan mobil, tentu orang akan tersadar betapa polusi yang dihasilkan mobilnya amat mengganggu. Kadang kita memang lupa dan lebih senang membicarakan gas buang dari mobil yang melaju di depan tanpa menyadari mobil kita juga memberi andil dalam pencemaran lingkungan.

Mobil dan pencemaran seakan tak terpisahkan. Begitu pun dengan tingkat pencemaran lingkungan di Tanah Air yang hampir sebagian besar disebabkan oleh kendaraan. Apalagi di kota-kota besar yang memiliki tingkat mobilitas kendaraan tinggi.

Nah, untuk mengetahui seberapa jauh langkah produsen mobil mempersiapkan produk ramah lingkungannya, mari kita simak yang telah dilakukan produsen otomotif, salah satunya Honda, melalui teknologi Integrated Motor Assist (IMA) yang telah diakui Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Penemuan Inggris sebagai mesin ramah lingkungan.

Secara teknis, mesin IMA bekerja memanfaatkan mesin bensin dan generator listrik. Kedua mesin pemicu penggerak ini dapat bekerja secara silih berganti bergantung kondisi. Saat melaju awal, mobil bergerak menggunakan mesin bensin. Pergerakan mobil secara metodis kemudian memacu generator untuk memproduksi listrik.

Sejak bergerak pertama, peran mesin bensin bisa langsung digantikan listrik. Dan ini terus dilakukan kendati mobil berhenti. Hebatnya lagi, ketika melalui jalan menurun, generator diberi kesempatan untuk menambah power listrik ke baterai 12 volt-nya. Metode ini bekerja secara simultan dan terus menerus.

Honda pertama kali mencoba mesin IMA pada Honda Insight. Honda mengklaim bahwa produknya tersebut mengeluarkan level karbon monoksida paling rendah. Lewat sistem ini, wajar bila Honda menyatakan produknya irit BBM serta tetap memiliki performa layaknya mobil mesin konvensional.

(kpl/tr/abe)

Sumber: Otosia.com

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters