Rabu, 23 Januari 2013

VW Schwimmwagen 166, Mobil Amfibi Pertama Dunia

VW Schwimmwagen 166 adalah sebuah kendaraan amfibi empat-wheel-drive dengan baling-baling belakang. Diciptakan oleh VW dan Porsche dengan tujuan tunggal yakni untuk bisa melintasi berbagai medan. Dengan posturnya yang tinggi membuatnya bisa menyeberangi sungai bahkan danau.

VW Amfibi

Kendaraan tempur tentara Jerman ini terlahir pada tahun 1946 dimana masih memanasnya peperangan antar negara. Dengan dibekali persenjataan kala itu VW amfibi ini mampu mengalahkan lawan-lawannya.

Mesin VW Amfibi

Tipe 166, seperti pendahulunya tipe 86 dan 87, didukung oleh mesin 1.100cc empat silinder berpendingin udara. Mesin si amfibi ini hanya memiliki tenaga 25 hp dengan transmisi manual empat percepatan. Pada kala itu tenaga yang terbilang kecil untuk saat ini, mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

VW Amfibi

Bahkan, Schwimmwagen benar-benar sebuah keajaiban teknologi untuk waktu. Ground clearance yang terbilang tinggi menjadikan amfibi ini juga lihai dalam melintasi medan off-road.

Baling-baling VW Amfibi

Baling-baling yang terletak di belakangnya bisa diturunkan untuk mobilitas di perairan. Baling-baling ini terintegrasi dalam satu sistem kemudi, selain setir darat juga kemudi dalam perairan.

Si amfibi ini memiliki panjang wheelbase sekitar 2 meter, terdengar sangat kecil untuk bisa dikatakan sebagai kendaraan tempur kala itu. Jadi banyak orang yang mengidentikkan VW amfibi ini sebagai kendaraan biasa, jika begitu bisa dikatakan bahwa Schwimmwagen ini merupakan generasi pertama kendaraan amfibi di dunia.

Beberapa waktu yang lalu di eBay, VW Schwimmwagen 166 1943 ini dijual seharga US$ 108.877 atau sekitar Rp 1,05 miliar.

VW Amfibi

(kpl/abe)

Sumber: Otosia.com

http://top1.co.id/wp-content/uploads//2013/01/otosia_0000405803.jpg

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters