Kamis, 13 Februari 2014

Wah! Ford EcoBoost 1.0L pernah kalahkan supercar!

Ukuran kecil belum tentu tidak memiliki kekuatan. Hal inilah yang telah dibuktikan Ford dengan merancang mesin berukuran lebih 'mungil' EcoBoost 1.0 liter yang setara dengan mesin konvensional berkapasitas besar.

Performa EcoBoost 1.0 liter pun pernah dibuktikan jelang akhir tahun 2013 lalu. Dimana, sebuah mobil balap Formula Ford yang menggunakan mesin EcoBoost 1.0 liter diadu dengan supercar di sirkuit legendaris Nurburgring, Jerman.

Hasilnya cukup menakjubkan! Formula Ford EcoBoost 1.0 liter mampu mengalahkan supercar dengan mencatat lap ke-11 tercepat dengan 7 menit, 22 detik. Sungguh hasil yang fantastis, dimana mesin kecil 1.000 cc mampu mengalahkan supercar bermesin lebih dari 600hp, seperti Lamborghini Aventador, Ferrari Enzo dan Pagani Zonda.

Formula Ford Ecoboost 1.0L

EcoBoost 1.0 liter juga pernah membuktikan bahwa kecil itu tak berarti lambat. Mesin ini pernah memecahkan 16 rekor kecepatan darat di sebuah arena pacuan di Perancis. Ford Focus dengan mesin EcoBoost 1.0 liter standar mampu mencapai akselerasi 0-100 km/jam dalam 11,3 detik dengan kecepatan maksimal 193 km/jam.

Menurut Graham Pearson, Vehicle Line Director for B Cars, Ford Asia Pasifik, EcoBoost 1.0 liter membuktikan bahwa ukuran tidak penting. Mesin ini akan memberikan segalanya bagi pelanggan.

(kpl/tr/sno)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters